News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wajo Satu-Satunya Kabupaten Di Sul-Sel,Raih Penhargaan Dukcapil Bisa Dari Mendagri.

Wajo Satu-Satunya Kabupaten Di Sul-Sel,Raih Penhargaan Dukcapil Bisa Dari Mendagri.

Mediapertiwi,co.Wajo-Penhargaan “Dukcapil Bisa 2020” diterima Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wajo pada Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang digelar secara virtual, Selasa, 30 Maret 2021.

Yang membanggakan, penghargaan Dukcapil Bisa untuk kategori skala wilayah ini hanya didapat oleh 9 Kabupaten/Kota di Indonesia. Dan Kabupaten Wajo merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang mendapatkan perhargaan tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil Wajo, Gaffar mengatakan penghargaan, Dukcapil Bisa, adalah bentuk apresiasi Kemendagri atas dedikasi tinggi, komitmen yang kuat dalam mengemban dan menjalankan tugas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah terbaik berdasarkan sembilan kriteria.

Di antaranya total perekaman KTP-el 98%, total penerbitan KIA 20%, Akta Kelahiran 92%, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan, penggunaan tandatangan elektronik pada 18 dokumen kependudukan, layanan online, layanan terintegrasi, perjanjian kerjasama, serta akses data perangkat organisasi.

Sementara dari 9 indikator penilaian ini, Disdukcapil Wajo justru melebihi target nasional di antaranya target nasional perekaman KTP-el di mana realisasi Wajo mencapai 99,57%.

Kepemilikan Akta Kelahiran Anak realisasi 99% dan pencetakan KIA realisasi mencapai 23.02%. Sementara 6 indikator yang lain semua itu sudah berjalan di Wajo.

“Penghargaan ini adalah apresiasi Kemendagri atas kinerja terbaik dan dedikasi kita dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan tahun 2020,” ungkap Gaffar.

Atas penghargaan diraih tersebut, Bupati Wajo Amran Mahmud mengaku bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Dinas Dukcapil yang telah bekerja dengan penuh dedikasi tinggi.

“Tentu kita sangat bangga atas penghargaan ini. Karena memang dari 25 program kerja kami adalah memberikan Paten (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) dan layanan publik satu pintu yang transparan dan efisien. Alhamdulillah itu telah berjalan dengan baik dan hari ini diganjar penghargaan dari Kemendagri,” puji Amran Mahmud. (Red,hms)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment