News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KPK Dapatkan Perjalanan Dinas SPPD Fiktif Kwitansi Ganda Pimpinan DPRD Sulsel

KPK Dapatkan Perjalanan Dinas SPPD Fiktif Kwitansi Ganda Pimpinan DPRD Sulsel

 
Foto sejumlah Pimpinan DPRD SulSel jadi saksi dipersidangan kasus dugaan suap Auditor BPK Perwakilan SulSel.

Ada sejumlah fakta terungkap pada sidang lanjutan kasus dugaan suap auditor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan SulSel, salah satunya adalah perjalanan fiktif Pimpinan DPRD SulSel. selasa 7/3/2023.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menghadirkan empat orang saksi pada sidang yang digelar di ruang Bagir Manan, Pengadilan Negeri Makassar, Selasa, 7 Maret 2023.

Diantaranya Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Wakil Ketua DPRD Ni'matullah, Darmawangsyah Muin, dan dari Sekretariat DPRD Muhammad Jabir.

Dalam persidangan diketahui bahwa DPRD Sulsel pernah mengalami kas tekor pada tahun 2020. Jumlahnya sekitar Rp20 miliar.  

Dikutip dari Suarasulsel,id, Kas tekor itu bahkan jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) SulSel. Lembaga pemeriksa lantas meminta sekertariat DPRD agar temuan itu ditutupi, supaya tidak berpengaruh ke- predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) .

 "Dan dari pernyataan Andi Ina adalah harus ada upaya untuk mempertahankan WTP, bagaimana pun caranya. Ini harus diselesaikan, kan gitu," kata salah satu JPU, Johan Dwi Junianto.johan mengatakan salah satu penyebab ketekoran kas karena adanya temuan SPPD Fiktif, ditemukan pula kwitansi ganda pembayaran ke rekanan.

 "Perjalanan dinas yang tidak ada pertanggungjawabannya, terus ada bukti pembayaran yang dibuat ganda, yang seolah-olah dibuat rekanan padahal tidak ada," ujarnya.

Kata Johan, ketekoran kas ditutupi dengan cara meminjam uang dari berbagai pihak seperti pengusaha. Alasannya untuk operasional kantor yang mendesak.

Karena takut tak WTP, anggaran itu lantas dikembalikan. Ada Rp3 miliar yang ditanggung Jabir, Rp4 miliar dari Ni'matullah, Rp4 miliar dari Andi Ina, Rp6 miliar dari Muzayyin dan Rp4 miliar dari Anggota DPRD lainnya.

Kata Johan, pihaknya akan mendalami keterangan para saksi tersebut. Apakah akan dibuka menjadi kasus baru, JPU menyerahkan ke penyidik KPK.

"Tergantung penyidik. Kami hanya mendalami. Jadi ada temuan perjalanan dinas fiktif, sebenarnya kan kita kemarin terkait dengan temuan ini ada upaya dari pemerintah untuk mengamankan (BPK)," ungkap Johan.

Salah satu saksi, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sulsel Muzayyin Arief tidak hadir dalam persidangan tersebut. Kata Johan, pihaknya akan kembali menjadwalkan pemeriksaan di persidangan berikutnya.(Lct). 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment