News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terdampak Covid 19 Kemensos Akan Kucurkan Dana BST 30.406 KK Ke Kabupaten Wajo

Terdampak Covid 19 Kemensos Akan Kucurkan Dana BST 30.406 KK Ke Kabupaten Wajo



Mediapertiwi.co-Wajo- Kabupaten Wajo Mendapat Kouta Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 30.406 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak pandemik Covid- 19.
Menurut PLT Dinas Sosial Kabupaten Wajo, Drs Haji Sahran, kabupaten Wajo mendapat kuota 30.406 KK untuk 14 Kecamatan.
BST ini, lanjut Sahran, berupa uang tunai sebesar Rp 600.000
Per KK selama tiga bulan, yaitu bulan April, Mei, Juni.
“Nilainya Rp 600.000 per KK dan dibayarkan setiap bulan melalui transfer ke BNI dan BRI bagi yang  memiliki rekening, dan yang tidak ada rekeningnya pembayarannya melalui  PT Pos Indonesia,” jelasnya, Minggu 3 Mei 2020
Rencananya, kata Sahran, Senin 4 Mei 2020, Pemerintah Kabupaten Wajo akan melaksanakan rapat, untuk mengesahkan daftar penerima BST untuk  dikirim kembali ke Kementerian Sosial.
Terkait nama-nama penerima BST, lanjut Kepala Dinas Transmigrasi Dan Naker Kabupaten Wajo ini, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKSK) tahun 2015 sebanyak 26.100 KK dan data usulan Pemkab  sebanyak 4.306 KK yang sudah melalui proses pendataan oleh Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) pemerintah Desa.
“Daftar penerima berdasarkan DTKS tahun 2015 dan usulan Pemkab, akan tetapi, data ini dikirimkan kembali kepada Kepala Desa untuk di verifikasi ulang, sesuai dengan kondisi saat ini, termasuk yang sudah meninggal diganti, atau ada yang sudah sejahtera kehidupannya, bisa juga digantikan dengan orang lain,” jelasnya
Sasaran dari BST ini, sebut Sahran, bukan saja untuk orang miskin, tetapi, dapat juga diberikan kepada orang yang kehilangan mata pencahariannya akibat wabah pandemik Virus Corona.
“Kalaupun misalnya masih ada warga yang belum terakomodir, maka Kepala Desa bisa memasukkannya dalam daftar penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa,” pungkas Sahran. (Adv.HS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment