News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Departemen Teknik Kelautan Unhas:Sosialisasi Geohazard Kawasan Wisata Pesisir Kota Makassar

Departemen Teknik Kelautan Unhas:Sosialisasi Geohazard Kawasan Wisata Pesisir Kota Makassar

  
Mediapertiwi,id,Makassar-Sulsel-Departemen Teknik Kelautan Unhas telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Hibah Program Pengembangan Capaian Indikator Kinerja Utama (P2C-IKU) Universitas Hasanuddin Tahun 2023, dengan tema “Sosialisasi Geohazard Pesisir dan Lautan Kawasan Wisata Pesisir Kota Makassar”. Sabtu bertepatan tanggal 16 Desember 2023

Sosialisasi dihadiri oleh Pemerintah Kelurahan Tanjung Merdeka yang diwakili oleh Ketua RW 05 (Bapak Abd. Rahman) dan Ketua RT 02 (Bapak J. Dg. Tantu), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Tanjung Merdeka (Ketua dan anggota), Pengelola Wisata Pantai Tanjung Bayang, Pantai Anging Mamiri, dan Pantai Biru, serta perwakilan tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan Kelurahan Tanjung Merdeka. 

Kegiatan pengabdian ini menekankan pemahaman pengetahuan tentang kesadaran, kesiapsiagaan dan sikap tanggap terhadap fenomena geohazard (bahaya geologi) dalam aktifitas wisata pesisir dan lautan. Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan keselamatan dan tindakan preventif terjadinya kecelakaan yang berpotensi bencana bagi pengelola dan pengunjung wisata pesisir Kota Makassar. 

Selaku ketua kegiatan pengabdian Departemen Teknik Kelautan Unhas, Dr. Ir. Taufiqur Rachman, ST., MT., IPM. menegaskan bahwa pencegahan kecelakaan akibat geohazard yang berpotensi bencana menjadi tanjung jawab pengelola wisata sesuai UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan UU No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. 

Sosialisasi ini juga mendorong dan memperkuat mitra sebagai pengelola wisata pesisir dengan penyerahan rambu-rambu geohazard, dalam aktifitas wisata pesisir dan lautan guna keselamatan dan mengedukasi pengunjung wisata, yang pada akhirnya akan meningkatkan kewaspadaan wisatawan dan masyarakat terhadap potensi bahaya pesisir dan lautan yang mengakibatkan bencana. 

Rambu-rambu geohazard yang diserahkan meliputi rambu gempa bumi, tsunami, kenaikan muka air laut/sea level rise, banjir, gelombang air pasang/rob, sedimentasi, petunjuk tempat kumpul sementara, petunjuk tempat pengungsian, dan informasi penanda tempat dan arah. (MA).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment