News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Baurdata Koramil Puhpelem, Hadiri Pembinaan Tagana Warga Kelurahan Giriharjo

Baurdata Koramil Puhpelem, Hadiri Pembinaan Tagana Warga Kelurahan Giriharjo

 
Mediapertiwi,id,Wonogiri - Baurdata Koramil 24/Puhpelem Sertu Parjito menghadiri kegiatan Pembinaan ketrampilan tim tangguh bencana/Tagana bagi warga masyarakat Kelurahan Giriharjo yang bertempat di Balai Kelurahan.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya, Plt. Lurah Giriharjo Warno, Sekertaris Kelurahan Giriharjo Tarmin, BPBD Kab Wonogiri Staf Pencegahan Kesiapsiagaan Vendika Yudi, fasilitator Tagana Bambang, anggota Polsek Puhpelem Briptu Iskandar, Kamis(18/5/23).

Sertu Parjito mengatakan, adapun materi yang diberikan diantaranya, Pokok Pembinaan ketrampilan Tagana antara lain penjelasan kelembagaan Distana dan Kaltana di wilayah, memetakan dan mengklasifikasikan letak geografis rawan bencana.

Selain itu juga disampaikan pengelompokan tangguh bencana diklasifikasikan menjadi 3 bagian yang meliputi Kaltana/destana utama, Kaltana/destana Pratama, Kaltana/destana madya. Kebijakan penanggulangan bencana oleh relawan kepada aparatur pemerintahan dan masyarakat dalam progam reboisasi.

Sedangkan tiga pilar segitiga biru BPBD dan Dua pilar pendukung yakni Pemerintahan, dunia usaha, masyarakat sipil, media, praktisi dan akademisi. Klasifikasi bencana ada 3 macam yaitu bencana alam, bencana sosial dan bencana non alam.

Sertu Parjito berharap, setelah mengikuti kegiatan, masyarakat dapat membantu dalam melaksanakan penanggulangan bencana, baik pada saat prabencana, saat tanggap darurat maupun saat pascabencana, serta tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana,(Arda 72).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment