News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lidik Pro Maros Minta Kapolda Sulsel Turun Tangan, Disinyalir Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pangkep dibekingi Oknum Aparat.

Lidik Pro Maros Minta Kapolda Sulsel Turun Tangan, Disinyalir Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pangkep dibekingi Oknum Aparat.

 
Mediapertiwi,id,Pangkep-SulSel-Adanya dugaan penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis bio solar di Kabupaten Pangkep Kota , dengan nomor register Pertamina 74.906.16 menarik perhatian Ketua Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara ( Lidik pro) Maros , dia menegaskan siapa pun pihak yang melindungi bisnis ilegal sebaiknya diproses secara hukum. Termasuk jika ada oknum aparat kepolisian, yang mencoba bermain di arena bisnis ilegal tersebut harus diproses Secara  hukum dengan tegas. 

 "Segera tangkap dan adili jangan takut,” tegas Ismar  dalam keterangan persnya, (12/03/2023). Maraknya dugaan penyalahgunaan solar subsidi tersebut terjadi di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Oleh karena itu Ketua LIDIK PRO MAROS  Ismar  meminta kepada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yakni Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Nana Sudjana M.M di Sulsel, untuk segera turun tangan mengusut dugaan penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis bio solar yang terjadi di tengah masyarakat.

 

“Jika benar ada bisnis gelap penjualan solar subsidi secara ilegal ke Industri di wilayah Sulsel dan sekitarnya, maka saya harap segera bongkar jaringan itu. Tidak ada alasan membiarkan hal seperti itu terjadi. Ini tidak bisa dibiarkan terjadi di tengah tengah masyarakat. Karena selain merugikan negara juga berdampak kepada masyarakat yang membutuhkan tetapi hilang di pasaran,” tegas Ismar.

Solar subsidi yang dibeli lalu ditimbun dengan berbagai modus, kemudian dijual ke industri, diduga masih marak. Bahkan, terkesan semakin berani. Ulah sejumlah pengusaha yang terkesan cuek dengan sorotan publik itu, diduga karena dibekingi oknum aparat kepolisian. Pembelian solar dalam jumlah banyak dilakukan di sejumlah SPBU dengan menggunakan mobil bak Modifikasi boks dengan tangki yang sudah dimodifikasi, beserta modus suket pemberian BBM jenis solar Subsidi kepada petani dan nelayan.

Di sejumlah kabupaten maros, bahkan masih ada yang melakukan pembelian dengan menggunakan jerigen, dalam jumlah banyak dan berulang-ulang. Hampir semua kabupaten di Sulsel diduga rawan dengan aksi pembelian serta penimbunan BBM bersubsidi. Menariknya, karena aksi ini terkesan mulus-mulus saja, tanpa ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum.

Para “pemain” BBM ini biasanya lebih dulu menampung solar subsidi. Setelah jumlahnya banyak, barulah di jual ke industri. Selisih harga antara solar subsidi dengan solar industri menjadi iming-iming keuntungan yang menggiurkan. Keuntungan dari hasil dari penjualan itu kemudian dibagi kepada mereka yang dianggap berperan dalam memuluskan aksi penjualan solar subsidi tersebut, sekiranya Kapolda Sulawesi Selatan butuh nyali untuk ungkap seluruh mafia solar ilegal.

Saat dikonfirmasi kasat Reskrim polres Pangkep Laode mengatakan " Oh iya makasih infonya ya, Saya arahkan anggota lidik di lapangan" Ungkapnya. 

Hingga berita ini diturunkan, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Nana Sudjana  belum memberikan komentarnya.(tim). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment