News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pelepasan Satelit Nano Karya Anak BangsaPelepasan Satelit Nano Karya Anak Bangsa

Pelepasan Satelit Nano Karya Anak BangsaPelepasan Satelit Nano Karya Anak Bangsa

Mediapertiwi,co.id.-Pelepasan Satelit Nano pertama karya anak bangsa Surya Satellite-1 (SS-1) akan lepas landas ke orbit bawah Bumi pada Jumat besok (6/1/2023). Peluncuran akan dilakukan dari International Space Station (ISS) usai sebelumnya diantar menggunakan roket SpaceX CRS-26.

Satelit SS-1 akan beroperasi di ketinggian 400-420km di atas permukaan Bumi dengan sudut inklinasi 51,7 derajat. Satelit akan berfungsi sebagai Automatic Package Radio System untuk kebutuhan Radio Amatir (ORARI) dan dapat difungsikan sebagai komunikasi serta deteksi kebencanaan.

Kepala Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Robertus Heru Triharjanto mengatakan, pelepasan SS-1 ke orbit akan memberikan motivasi terhadap pentingnya penguasaan teknologi satelit untuk Indonesia.

“BRIN akan selalu mendukung pengembangan satelit yang dikembangkan oleh universitas maupun startup Indonesia dengan keahlian yang telah dimiliki, dalam skema dukungan riset, serta fasilitas pengujian dan integrasi satelit yang disiapkan oleh BRIN,” ujar Heru dalam pernyataan resminya, Kamis (5/1/2023).

Sebagai informasi, SS-1 diinisiasi oleh engineer muda Indonesia dari Surya University,yang bekerja sama dengan Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) sejak Maret 2016. Pada 2017, SS-1 mulai pengerjaan dan pelatihan pembuatan nano satelit dengan supervisi dari para periset di Pusat Teknologi Satelit.

Satelit dikembangkan tujuh orang mahasiswa dari Surya University. Adapun tujuh orang itu terdiri atas Hery Steven Mindarno, Setra Yoman Prahyang, M. Zulfa Dhiyaulfaq, Suhandinata, Afiq Herdika Sulistya, Roberto Gunawan, dan Correy Ananta Adhilaksma.

Kolaborasi berhasil menghadirkan satelit nano berukuran 10 x 10 x 11.35 cm dengan berat hingga 1,3 kg. Peluncuran dan pelepasan SS-1 ke orbit juga tak lepas dari peran United Nations Office for Outer Space Affairs (UNOOSA) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). (Dilansir dari INews.id, 5/1/2023)(R.SN).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment