News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Diduga Pekerjaan Ketua DPRD Pembangunan Jaringan Irigasi D.I. Lambale Tahap III Disinyalir Tidak Sesuai Spec.

Diduga Pekerjaan Ketua DPRD Pembangunan Jaringan Irigasi D.I. Lambale Tahap III Disinyalir Tidak Sesuai Spec.

 
Mediapertiwi,co.id.Butur-SulTra-Pembangunan Jaringan Irigasi D.I. Lambale Tahap III Pejabat pembuat komitmen Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Pemenang  tender Perusahaan fatdeco tama waja Alamat Perusahaan Jl. Made Sabara Nomor. 9A , Raha - Muna  - Sulawesi Tenggara NPWP 02.264.041.1-816.000 dengan Nilai Kontrak Rp 10.126.700.000

Kamis 22 Desember 2022  Investigasi awak media melakukan investigasi lapangan di desa Rahman Baru, kecamatan Kulisusu barat, Kabupaten Buton Utara terkait Pekerjaan Beton irigasi di duga tidak sesuai mutu yang disyaratkan dalam spec.

Salah satu  masyarakat setempat yang tidak mau disebutkan Namanya mengatakan pekerjaan tersebut adalah pekerjaan ketua DPRD Buton Utara 

Dalam pelaksanaan pekerjaan irigasi terdapat pekerjaan beton yang hasil mutu betonnya di duga tidak tercapai dimana terlihat pekerjaan tersebut tidak memiliki dokumen Job Mix Design (JMD) dan Job Mix Formula (JMF) serta hasil uji kuat tekan beton dari laboratorium

Parahnya , ada beberapa plasteran yang terlihat tipis dan parah nya batu yang di susun tidak menggunakan semen sebagai lem.

hasil wawancara awak media dengan salah satu masyarakat di sekitar lokasi mengatakan " waktu pekerjaan tesebut hanya di buat susun batu tanpa menggunakan semen lalu di tempel dengan semen lalu di plastren , dan oknum masyarakat setempat mengatakan bahwa ada juga bendungan yang satunya hancur baru baru di kerjakan " . kata dia 

hasil investigasi, Hal ini berdampak dilakukan pembayaran tidak sesuai mutu yang di syaratkan.

Pekerjaan pasangan batu gunung untuk dinding saluran irigasi tidak sesuai mutu dan volume yang di syaratkan dalam kontrak sehingga mutu pekerjaan tidak sesuai dalam kontrak tetai tetap dibayarkan sesuai mutu.

Batu yang digunakan dalam pekerjaan irigasi tersebut ialah jenis batu yang lembek, mudah pecah hal ini tidak sesuai dengan spec dimana batu yang digunakan harus kuat, tidak tipis, tidak mudah retak yang dibuktikan dengan hasil laboratorium.

Pondasi dinding saluran irigasi lambale dikerjakan langsung berada diatas permukaan tanah yang seharusnya sesuai kontrak dilakukan penggalian sedalam 100 cm hal ini juga bisa berdampak terhadap kekuatan dinding irigasi.

Setiap landasan pondasi harus ada adukan mortar semen minimal tebal 3 cm tetapi saat pelaksanaan, posisi batu dinding irigasi langsung duduk diatas permukaan tanah. Hal tersebut berdampak terhadap kekuatan struktur bangunan.

Pasangan antar batu tidak menggunakan mortar. Penyusunan batu dilakukan secara vertikal tanpa dilekatkan mortar semen pada seluruh permukaan batu sehingga kekuatan dinding saluran irigasi tidak sesuai spec kontrak.

Apabila tanpa mortar maka bukan lagi nama pekerjaan pasangan batu gunung tetapi pasangan batu kosong yang biaya, mutu serta peruntukannya tidak sesuai kontrak.(R.KN). 




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment