News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berkinerja Terbaik Bakal Terima Penghargaan Dari Bupati Wajo

Berkinerja Terbaik Bakal Terima Penghargaan Dari Bupati Wajo

 
Mediapertiwi,id.(wajo-sulsel)--Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pelayanan kepada masyararakat kabupaten Wajo, Pemkab Wajo berencana memberi penghargaan kepada OPD dengan kinerja terbaik.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Wajo, Muhammad Ilyas, yang dikonfirmasi Rabu (31/8/2022).

Menurutnya, pemberian penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkinerja baik sebagai bentuk motivasi kepada seluruh Aparatur Perangkat Daerah untuk terus memacu kinerja dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Selain itu, Alumni STPDN ini menjelaskan tujuan pemberian penghargaan ini sekaligus sebagai evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan indikator kinerja sehingga dapat dijadikan bahan pengambilan kebijakan dan mendorong perbaikan kinerja di masa yang akan datang.

"Indikator Evaluasi kinerja perangkat daerah dipilih dari indikator kinerja yang signifikan mempengaruhi kinerja kabupaten, " Jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Kegiatan ini bermula dari arahan Bupati Wajo agar kegiatan ini dilaksanakan kembali  seperti tahun sebelumnya. Maka mulai saat itu, kami menyusun pedoman evaluasi yang melibatkan seluruh perangkat daerah kemudian dituangkan dalam bentuk Peraturan Bupati Wajo Nomor 37 tahun 2002 tentang pedoman pelaksanaan evaluasi kinerja.

"Ada perubahan yg mendasar dari kegiatan ini dibanding tahun lalu. Evaluasi kinerja tahun ini lebih komprehensif, ada indikator kinerja yang secara reguler dilaksanakan oleh perangkat daerah, jika perangkat daerah memenuhi indikator tersebut, maka akan bertambah nilai evaluasinya, " Katanya menjelaskan.

Selain itu,ada juga indikator khusus yang tidak rutin namun dapat mempengaruhi kinerja pemda, misalnya ada aspirasi atau pengaduan dari masyarakat yang disampaikan ke DPRD, ada aduan masyarakat pada aplikasi SP4N LAPOR yang terlambat atau tidak ditindaklanjuti, tidak memenuhi target PAD, realisasi DAK kurang, dan lainnya. Jika perangkat daerah terkait persoalan tersebut, maka akan dikurangi nilai evaluasinya.

Masih menurutnya, terkait dengan motivasi tersebut, maka perangkat daerah akan diranking mulai dari nilai tertinggi sampai terendah, adapun kepala perangkat daerah yang berhasil membawa perangkat daerah yang dipimpinnya menjadi perangkat daerah berkinerja terbaik, akan diberi penghargaan oleh Bupati Wajo.

Muhammad Ilyas juga menuturkan bahwa Perangkat Daerah telah diundang oleh tim evaluator yang dipimpin oleh Sekda untuk datang memberikan klarifikasi terkait data kinerja yang  telah didapatkan, sehingga data kinerja valid dan diakui oleh perangkat daerah yang bersangkutan.

"Saat ini, rekapitulasi data kinerja telah rampung dan segera akan diumumkan sekaligus akan diberikan penghargaan bagi perangkat daerah yang termasuk berkinerja terbaik, " ujarnya.

"Kami menyadari bahwa mungkin akan ada resistensi atau kritikan dari berbagai pihak, tapi kami menjamin bahwa penilaian ini menjunjung tinggi objektifitas, berbasis evidence," pungkasnya.(r,h). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment