News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terima Kunjungan Tim Provinsi, Bupati Wajo : Kami Siap Berkolaborasi untuk Pengembalian Kejayaan Sutera Wajo

Terima Kunjungan Tim Provinsi, Bupati Wajo : Kami Siap Berkolaborasi untuk Pengembalian Kejayaan Sutera Wajo

 
Mediapertiwi,co,id.(wajo-sulsel)-Pemerintah Kabupaten Wajo menyatakan keseriusannya dalam pengembangan persuteraaan dan pengembalian kejayaan sutera Wajo.  

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud dihadapan Tim Provinsi Sulawesi Selatan pada rapat koordinasi yang digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Wajo, Sabtu (30/04/2022).

Rapat Koordinasi ini digelar dalam rangka Kunjungan Lapangan Tim Provinsi yang terdiri dari Kepala Dinas Perindustrian, Ahmad Akil, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Muh. Rasyid, Kepala Dinas Kehutanan, Andi Parenrengi, mewakili Kepala Bappelitbangda serta rombongan lainnya ke Lokasi Pengembangan Persuteraan, khususnya di Kabupaten Wajo.

Sementara, Amran Mahmud didampingi oleh Sekretaris Daerah, Armayani, Para Kepala OPD, Kepala UPTD Persutraan, Ketua SSC, Kepala Desa Wajoriaja, Kepala Desa Pasaka, Kepala Desa Watan Rumpia, serta pihak terkait lainnya.

Amran Mahmud menyampaikan bahwa jauh sebelum dilantik, dirinya sudah aktif mengkomunikasikan dengan berbagai pihak sebagai upaya pengembalian kejayaan sutera Kabupaten Wajo. 

"Kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Sulawesi Selatan yang telah dan selalu mendukung upaya kami untuk pengembangan sutera tersebut," ucap Amran Mahmud.

Amran Mahmud menyampaikan bahwa sutera ini banyak diminati, khususnya pada acara-acara kebudayaan, pengantin dan sebagainya. Bahkan dari luar daerah berdatangan ke Wajo untuk berburu sutera.

"Kami bersama para OPD dan stakeholder terkait siap berkolaborasi dan akan terus berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk pengembangan kejayaan sutera ini," ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel, Ahmad Akil menjelaskan bahwa tujuan dari kunjungan lapangan ini adalah untuk meyakinkan kepada teman-teman yang tergabung dalam tim provinsi bahwa Kabupaten Wajo itu siap. 

"Kalau saya tidak ragukan Bapak Bupati dan Ibu Sekda yang memang selama ini aktif berkomunikasi kami. Bahkan beliau selalu meluangkan waktu untuk menemui kami ketika kami berkunjung ke Wajo. Ini menunjukkan keseriusan beliau untuk pengembangan sutera di Wajo," ucapnya.

Ahmad Akil menambahkan bahwa bantuan 2 juta murbei yang sebelumnya telah diberikan ke Kabupaten Wajo, rencananya akan kita tambahkan lagi ke depannya, baik melalui APBD perubahan tahun 2022 maupun APBD Pokok tahun 2023. Ini merupakan instruksi Bapak Gubernur untuk membantu mengawal pengembalian kejayaan sutera di Sulsel, khususnya di Wajo.

Ini merupakan persiapan kita untuk memaksimalkan penyiapan benang untuk mesin pemintal benang sutera yang juga bantuan dari Provinsi Sulsel yang telah ada di Kabupaten Wajo. "Untuk pengoperasiannya sendiri, kita masih menunggu teknisi dari luar negeri untuk mengoperasikannya. Intinya kita akan secepatnya mulai mengoperasikan ketikan bahan dan sarana pendukung sudah siap," ucapnya.(red,hpw

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment