News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rencana Pembangunan Agrowisata Terpadu, Bupati Wajo Minta Kades Makmur Pastikan Status Lahan

Rencana Pembangunan Agrowisata Terpadu, Bupati Wajo Minta Kades Makmur Pastikan Status Lahan

 
Mediapertiwi,co,id.(wajo-sulsel)-Bupati Wajo, Amran Mahmud mengapresiasi inovasi Kepala Desa Makmur terkait rencana pembangunan Agrowisata Terpadu yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). 

Hal itu disampaikan oleh Amran Mahmud saat memberikan arahan usai shalat Dzuhur di masjid Taqwa Desa Makmur, Sabtu (23/04/2022), sekaligus menanggapi permintaan Kepala Desa Makmur untuk dibantu pengembangan agrowisata tersebut.

Menurut Amran Mahmud, berdasarkan master plan yang dipaparkan Kepala Desa sebelumnya, itu adalah rencana cukup bagus dalam rangka pengembangan perekonomian masyarakat, apalagi nanti ini akan dikelola oleh Bumdes.


Amran Mahmud meminta kepada Kepala Desa Makmud untuk tahap awal agar memastikan terlebih dahulu status tanah lokasi rencana pembangunan agrowisata tersebut. 


"Saya minta Pak Desa pastikan terlebih dahulu status tanah di lokasi tersebut, apakah milik pribadi atau suda menjadi aset desa. Kebetulan di sini hadir Kepala Dinas PUPRP yang juga menangani permasalahan tanah, silahkan komunikasikan dengan baik," ucapnya.

Setelah itu, nanti komunikasikan dengan pihak terkait seperti Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan dinas lainnya yang terkait  untuk memastikan regulasi untuk mendapatkan bantuan dari APBD. "Saya berharap Pak Camat juga turut membantu Pak Desa mengkomunikasikan hal tersebut kepada OPD terkait. Kita akan upayakan bantu apakah secara bertahap atau bagaimana nantinya sesuai dengan regulasi dan kemampuan APBD kita," ucap Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga menuturkan bahwa pendukung paling utama dalam pengembangan pariwisata adalah infrastruktur, khususnya jalan yang menjadi akses menuju lokasi pariwisata tersebut. "Olehnya itu, kami selalu berupaya memaksimalkan anggaran yang terbatas untuk penanganan infrastruktur. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebagian anggaran kita dialihkan untuk penanganan covid-19," ucap Amran Mahmud

Pada kesempatan tersebut, Amran Mahmud bergantian dengan Wakil Bupati, Amran untuk memberikan arahan, kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog.

Sebelumnya, Kepala Desa Makmur, Syahruddin memaparkan rencana pembangunan Agrowisata Terpadu yang akan dikelola oleh Bumdes Mattiro Ridecengnge. Rencananya di sana nanti akan ada 3 pulau yaitu Pulau A, B, dan C.

"Untuk tahap pertama ini kita akan bangun kolam renang di Pulau C. Kita sudah komunikasi dengan tim ahli bahwa anggarannya cukup luar biasa yaitu sekitar 3 milyar. Kami berharap dukungan dari pemerintah Kabupaten atau mungkin dikomunikasikan ke tingkat provinsi atau pusat," ucapnya.

Sementara untuk Pulau A, lanjutnya, rencana akan kita bangun masjid sekaligus asrama yang akan menjadi pondok tahfidz dan untuk pulau B akan dibangun gedung pertemuan.

Diketahui, Shalat Dzuhur di Desa Makmur merupakan rangkaian dari kegiatan safari ramadhan Pemkab Wajo di Kecamatan Penrang hari ini. Rombongan rencananya akan shalat Ashar di Desa Raddae, buka puasa di Kelurahan Doping dan shalat Tarwih di Desa Benteng. Sebelum shalat Dzuhur, Amran Mahmud menyempatkan diri bersilaturrahim di rumah salah seorang tokoh masyarakat di Desa Makmur.(red,hpw). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment