News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Serahkan Sertifikat Tanah Gratis untuk Pelaku UMKM, Ini Pesan Bupati Wajo

Serahkan Sertifikat Tanah Gratis untuk Pelaku UMKM, Ini Pesan Bupati Wajo

 
Mediapertiwi,co,id.(wajo-sulsel)-Bupati Wajo, Amran Mahmud, bersama Wakil Bupati Wajo, Amran,  menyerahkan sertifikat tanah gratis untuk masyarakat di Desa Lapaukke, Kecamatan Pammana, Selasa (8/3/2022). Mereka yang menerima sertifikat adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan nenengah (UMKM).

Sertifikat gratis ini merupakan program lintas sektor Badan Pertanahan Nasional/Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Kabupaten Wajo bekerja sama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop UMKM) yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM.

Untuk program ini, Wajo mendapatkan sertifikat gratis 200 bidang. Khusus untuk Desa Lapaukke mendapatkan jatah 45 bidang. Namun, yang diserahkan hari ini baru 43 bidang, sementara 2 bidang sisanya masih terkendala persyaratan administrasi.

Amran Mahmud menyampaikan, sebagai bentuk keseriusan serta kehadiran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo dalam pemulihan ekonomi, berbagai upaya telah dilakukan, termasuk menggandeng seluruh stakeholder untuk berkolaborasi.

"Kita sangat mengapresiasi Dinas Perindagkop yang berkolaborasi dengan BPN/ATR Kabupaten Wajo melalui program sertifikat bagi pelaku UMKM," ucap Amran Mahmud.

Sertifikat ini, kata Amran Mahmud, bisa membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha. Sebab, selain jadi bukti kepemilikan hak atas tanah, juga bisa digunakan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman modal dari perbankan, pegadaian, maupun penyedia jasa keuangan lainnya.

"Selain itu, keberadaan sertifikat gratis ini menjadi bukti kepemilikan hak atas tanah kita sehingga bisa menghindarkan kita dari terjadinya sengketa tanah," ucapnya.

Amran Mahmud berharap masyarakat bisa memanfaatkan sertifikat ini dengan baik. "Tetap maksimalkan usaha yang kita miliki, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, serta senantiasa mengharap rida dan rahmat dari Allah subhanahu wa taala," ujarnya.

Sementara, Camat Pammana, Junistari Rasyid, menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemkab Wajo berkoordinasi dengan BPN/ATR Wajo sehingga Desa Lapaukke bisa mendapatkan bantuan sertifikat gratis untuk UMKM.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Perindagkop dan UMKM Wajo, Ambo Mai, Camat Pammana, Junisatri Rasyid, bersama kapolsek, danramil, dan kepala desa setempat bersama jajaran, serta penerima sertifikat. (red,hpw). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment