News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Giliran 32 Anggota BPD di Pammana dan Sabbangparu Dilantik Bupati Wajo

Giliran 32 Anggota BPD di Pammana dan Sabbangparu Dilantik Bupati Wajo

Mediapertiwi,co,id.(wajo-sulsel)-Setelah melantik Anggota BPD di Kecamatan Pitumpanua dan Keera pada Senin (07/03/2022) kemarin, hari ini Selasa (08/03/2022) giliran Anggota BPD di Kecamatan Sabbangparu dan Pammana dilantik Bupati Wajo. Untuk pelantikan hari ini dilakukan secara terpisah di wilayah masing-masing kecamatan.

Seperti kemarin, pelantikan anggota BPD hari ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Wajo, Amran, Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Kepala Dinas PMD, Andi Liliyana, Camat  bersama Kapolsek dan Danramil, para Kepala Desa dan Lurah serta undangan lainnya.

Sebanyak 32 anggota BPD yang dilantik hari ini terdiri dari 7 orang anggota BPD Desa Mallussesalo, Kecamatan Sabbangparu, dilantik di Desa Mallussesalo dan 25 anggota BPD se-kecamatan Pammana yang terdiri dari Desa Lempa sebanyak 9 orang, Desa Lampulung sebanyak 9 orang dan Desa Tonrong sebanyak 7 orang yang dilantik di halaman kantor Kecamatan Pammana.

Pada pelantikan hari ini, Amran Mahmud kembali menekankan 5 pesan kepada para anggota BPD yang baru dilantik.

Pertama, bekerja dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas. Ini mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan, sejak hari ini hingga enam tahun ke depan, diamanatkan sekaligus sangat tergantung pada kinerja BPD bersama pemerintah desa.

Kedua, sebagai unsur pemerintahan desa, BPD dan kepala desa merupakan mitra. Untuk itu harus dapat membangun komunikasi yang harmonis sekaligus bersinergi dengan tetap terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan di desa. 

  

Ketiga, BPD sebagai kanal aspirasi dan pengawasan terhadap peraturan desa sangatlah penting dalam menentukan kemajuan suatu desa. Olehnya itu, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia serta inovasinya untuk menghindari persoalan hubungan disharmoni antara BPD dan pemerintah desa akibat kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi yang ada.  

Keempat, agar kiranya menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa, baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi, dalam kerangka pembangunan Wajo.

Kelima, dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini, dengan kondisi keuangan yang terbatas, bersama pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan diharapkan mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di desanya. Dari sana diharapkan mampu melahirkan program kegiatan yang prioritas dan dibutuhkan masyarakat desa, serta diharapkan mampu bersinergi dengan program pembangunan di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat.

" Kita berharap anggota BPD dapat optimal melaksanakan tugas pengabdian dan senantiasa menempatkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik yang lebih meningkat sebagai tujuan utama pengabdian dan pelaksanaan tugas," harapnya.

Amran Mahmud pun mengucapkan selamat kepada Anggota BPD yang baru saja dilantik. "Kami ucapkan selamat dan sukses atas pelantikannya. Selamat bekerja, semoga pelantikan hari ini dapat Saudara jadikan sebagai awal dalam mengabdikan diri kepada bangsa, negara dan warga masyarakat desa pada khususnya," ucap Amran Mahmud.

"Dan terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara pemilihan BPD, masyarakat dan pihak-pihak yang telah bekerja dengan baik, sehingga pemilihan/pengisian anggota BPD ini, dapat berjalan dengan aman, lancar dan demokratis," tutupnya.

Diketahui, khusus untuk di Kecamatan Pammana, dilakukan pengundian hadiah bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi melalui pengundian Nomor Induk Kependudukan secara acak komputer.

Ada 33 buah hadiah yang disiapkan dengan hadiah utama satu unit motor. Untuk hadiah utama satu unit motor diundi dan diserahkan langsung oleh Bupati Wajo, lalu Wakil Bupati Wajo mengundi dan menyerahkan satu unit kulkas dan Kadis PMD mengundi dan menyerahkan satu unit televisi.(red,hpw). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment