News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringatan Hari TBC Sedunia, Istri Walikota Makassar Serahkan Bantuan Sembako Dari BAZNAS

Peringatan Hari TBC Sedunia, Istri Walikota Makassar Serahkan Bantuan Sembako Dari BAZNAS

 
Mediapertiwi,co,id.(Makassar-SulSel)-Ketua Forum Multisektor Eliminasi Tuberkulosis  (TB) Kota Makassar, Hj.Indira Jusuf Ismail,SE, yang juga istri Walikota Makassar, menyerahkan bantuan dari Badan Amil Sakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar. Bantuan berupa sembako bagi keluarga dhuafa itu, di sela sela peringatan Hari TB sedunia tingkat Kota Makassar dipusatkan di Kelurahan Kalukubadoa, Kecamatan Tallo, Rabu, 24 April, 2022.

“Saya berterima kasih kepada ibu walikota Makassar yang telah menyerahkan bantuan dari BAZNAS Kota makassar kepada saya dan keluarga lainnya. Bantuan ini sangat membantu kami, apalagi kami ini berasal dari keluarga kurang mampu.  Sekali lagi, kami berterima kasih kepada ibu walikota, dan juga kepada BAZNAS Kota Makassar yang peduli dengan kami,” tutur salah seorang penerima bantuan.

Ketua  BAZNAS Kota Makassar, HM.Ashar Tamanggong dikonfirmasi media mengemukakan, bantuan kepada kaum dhuafa memang menjadi bagian terpenting. Karena kaum dhuafa yang menerima bantuan masuk dalam salah satu, dari delapan  asnaf atau golongan pemerima bantuan seperti dipersyaratkan dalam Al-Qur’an.

Yakni, fakir, atau mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup. Miskin– mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar kehidupan. Ada pula Amil– mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat. Mu’allaf–mereka yang bukan saja baru masuk Islam, dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah, juga lainnya. Hamba sahaya–budak yang ingin memerdekakan dirinya. Termasuk, Gharimin– mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya. Fisabilillah, mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya. Serta, Ibnu Sabil, mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

“Kemampuan BAZNAS Kota Makassar mengelola zakat secara profesional, kredibel, dan amanah itu, tidak terlepas dari dukungan penuh dari Walikota Makassar, Bapak Dani Pomanto,  instansi  terkait, para pembina, dan tentunya para Muzakki di kota ini,” urai ATM sapaan akrab Ashar Tamanggong.

Sementara itu, Kepala Bidang II, Pendistribusian dan Pendayagunaan  BAZNAS Kota Makasar, Ahmad Gunawan  di lokasi peringatan HUT TB sedunia mengaku, bantuan tersebut merupakan kolaborasi BAZNAS dengan panitia peringatan HUT TB sedunia. 

“Jadi BAZNAS hanya sebatas membantu seadanya saja. Kami juga menyampaikan selamat kepada Forum Multisektor Eliminasi TB Kota Makassar yang hari ini merayakan hari ulang tahun,” ujarnya, seraya menambahkan, semua bantuan dari BAZNAs kepada kaum dhuafa, adalah donasi dari para Muzakki yang menyalurkan zakat, infak, dan sadakah (ZIS) ke BAZNAS Kota Makassar.

Saat memberikan sambutan, Indira Jusuf Ismail, mengemukakan, penyakit TB di Indonesia  masih menjadi masalah, sehingga perlu diberantas. Apalagi, Indonesia masih menduduki peringkat kedua terbesar penderita  penyakit TB tingkat dunia. Begitu pula di Kota Makassar, penderitanya juga lumayan banyak.

Karena itu, Indira yang juga Ketua Tim Penggeraka PKK Kota Makassar ini sangat antusias membantu Pemerintah Kota makassar membebaskan Kota daeng nii dari penyakit TB ini. 

“Jadi, forum mutisektor ini terus bersemangat menjalani tugasnya dengan baik. Saya juga harapkan seluruh komponen, baik camat, lurah, petugas kesehatan, termasuk Tim Penggerak PKK se Kecamatan Tallo, serta tokoh masyarakat agar mencegah menularnya penyakit TB ini,” harapknya.

Menurut, Pemerintah Kota Makassar juga terus berusaha dan berupaya untuk selalu memperbaiki fasilitas fasilitas baik untuk kesehatan, maupun kesejahteraan  masyarakat Kota Makassar. “Jadi masyarakat juga harus faham, bagaimana upaya Pemerintah Kota Makassar mensejahterakan seluruh masyarakat. Makanya, perlu  sama sama  kita saling bekerjasama, harus saling membantu agar Makasar menjadi Kota Sehat,” ujarnya. (red,dp) 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment