News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kontraktor Ternama di Balik Kasus Nurdin Abdullah

Kontraktor Ternama di Balik Kasus Nurdin Abdullah

 
Mediapertiwi,co.sulsel -- Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melibatkan Gubernur Sulsel,  Nurdin Abdullah sebagai tersangkanya, hingga kini kasus persidangannya masih bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Di balik kasus Nurdin Abdullah tersebut, terdapat sejumlah kontraktor ternama di Sulsel yang dijadikan saksi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di dalam persidangan.

Sebut saja kontraktor ternama tersebut di antaranya, Nurwadi alias H Momo dan H. Haeruddin. Kedua kontraktor di sebut juga menguasai proyek besar di beberapa kabupaten di wilayah Sulsel. Salah satunya di Kabupaten Wajo ini. Baik itu proyek anggaran provinsi maupun proyek anggaran APBD dengan nilai miliaran.

Bahkan para kontraktor di balik  kasus dugaan suap proyek infrastruktur di Sulsel, bisa jadi akan terkuak. Yang diduga adanya permainan kotor dalam memenangkan tender. Termasuk modus dan keterlibatan rekanan untuk mempengaruhi alur tender meski sudah melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Andi Germanto salah satu aktivis di Kabupaten Wajo, yang dimintai tanggapannya mengatakan, di balik kasus Nurdin Abdullah, para kontraktor tersebut sementara hanya sebatas saksi saja. Namun tidak tertutup kemungkinannya para kontraktor tersebut bisa jadi di tersangkakan. Hal ini butuh pembuktian kuat oleh pihak JPU di dalam persidangan yang sementara bergulir di Pengadilan.

Hasil pantauan media ini, terdapat pekerjaan proyek APBD yang nilainya miliaran di wilayah Kabupaten Wajo, dikerjakan oleh perusahaan yang diduga milik  pihak kontraktor ternama tersebut. Diantaranya lanjutan peningkatan jalan beton Tampangeng-Tosora di Kecamatan Majauleng dengan jumlah anggarannya 10.512.986.000. Dan lanjutan peningkatan jalan Beton di Kecamatan Pammana, tepatnya diruas Calodo-Lapaukke, dengan anggaran 6.296.365.000, serta lainnya.

Dalam kasus yang menjerat gubernur non aktif Nurdin Abdudullah, di dalam persidangan yang sedang berjalan. Harus terus dilakukan pendalaman sehingga peran saksi dapat terungkap serta bukti dan fakta bisa menjadi pintu masuk menetapkan para saksi dari pihak kontraktor ternama tersebut menjadi status tersangka. (Tim).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment