News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemkab Wajo Sediakan Lahan 25 Ha Lahan Untuk Penanaman Bibit Murbei

Pemkab Wajo Sediakan Lahan 25 Ha Lahan Untuk Penanaman Bibit Murbei


Media Pertiwi,co.wajo– Dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan persuteraan Kabupaten Wajo, pihak instansi Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemkab Wajo saat ini tengah menyiapkan lahan sekitar 25 Hektare untuk lahan penanaman bibit murbei sutera.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UKM Wajo, Haji Ambo Mai dalam kegiatan jumpa pers pihak Humas Pemkab Wajo dengan sejumlah awak media di cafe warkop Accu Callaccu Kecamatan Tempe.

Menurut Haji Ambo Mai, salah satu langkah yang dilakukan saat ini dalam pengembangan dan produksi sutera Wajo yakni dengan melakukan penanaman bibit murbei.Nah dalam hal ini pihaknya tengah menyediakan lahan sekitar 25 Hektare.

Dengan adanya program bantuan dari pemerintah Pemrov Sulsel berupa bantuan bibit murbei sebanyak sejuta bibit.”Saat ini dari sejuta bibit itu sudah terealisasi sebanyak 300 ribu bibit dan sisanya 700 ribu bibit akan direalisasikan bulan Desember 20202 nanti”.Ujarnya

Dalam hal ini pihak Pemprov sediakan bibit termasuk bantuan lainya baik itu mesin pemintal dan alat tenun termasuk nantiny gedung bangunan untuk persuteraan dan pihak Pemkab Wajo yang menyediakan lahanya.

Selain itu untuk supporting program ini rencananya tahun 2021 akan datang kita akan dapat anggaran dari APBN sekitar Rp 8 milliar untuk pengembangan sutera ini.Tambahnya

Sementara Junan, Kepala UPTD Bone, Soppeng dan Wajo Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel yang dihubungi terpisah menjelaskan, bahwa pengadaan bibit murbei sebanyak 1 juta bibit, untuk tahap pertama ada 300.000 bibit yang dibagikan ke Desa Bonto Penno Kecamatan Majauleng, 220.000 bibit, dan di Desa Pasaka 80.000 bibit. “Itu sudah ditanam dan tumbuh. Dan Dinas Perindustrian Sulsel memprogramkan rumah produksi berupa pengadaan mesin pemintal yang siap pada Januari 2021. Total anggaran yang disiapkan senilai Rp1,5 miliar.(red,adv,a.e)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment