News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

ANALISA PELUANG Hj. SITI MARIANI, S.E, M.Si DI PILKADA PINRANG 2024 MENDATANG

ANALISA PELUANG Hj. SITI MARIANI, S.E, M.Si DI PILKADA PINRANG 2024 MENDATANG

 
Mediapertiwi,id,Pinrang-Kepemimpinan perempuan di panggung politik nasional memang sudah tidak diragukan lagi, mulai dari lembaga ekskutif dan legislatif keterwakilan perempuan dianggap mumpuni menyeimbangi dominasi kepemimpinan laki-laki hari ini.

Ketua LSM FP2KP A. Agustan Tanri Tjoppo yang dihubungi melalui telepon selulernya (2/3/2024) menyatakan bahwa, meski secara kuantitas kepemimpinan di Indonesia masih didominasi kaum laki-laki, namun secara kualitas kepemimpinan perempuan mampu memberikan gaya kepemimpinan tersendiri. Bukti nyata bahwa jabatan Presiden Indonesia pernah dipimpin oleh sosok perempuan yakni Megawati Soekarno Putri, jabatan Menteri Kelautan pernah dijabat oleh seorang perempuan yaitu Susi Pujiastuti dan Menteri Keuangan sudah Sry Mulyani.

Lanjut ketua LSM FP2KP yang sering disapa Andi Uttang menjelaskan bahwa Kepala daerah yang dinahkodai oleh seorang perempuan sudah banyak yang mampu menata dan membangun daerahnya dengan baik serta perekonomian masyarakatnya diatas rata - rata, misalnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansya, dan Tri Rismaharini mantan Walikota Surabaya yang kini menjabat Menteri Sosial juga dianggap mampu menjadi pemimpin hebat di daerahnya.

Di Sulawesi Selatan kepemimpinan perempuan juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Ada nama Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Wakil Walikota Makassar Hj. Fatmawati Rusdi dan Indah Putri Indriani Bupati Luwu Utara yang juga politisi Partai Golkar yang sukses menduduki kursi sebagai kepala daerah perempuan yang kini sudah menjabat dua periode.

Di Kabupaten Pinrang sendiri, sejumlah tokoh perempuan yang terjun panggung politik sudah mendapat tempat di hati rakyat. Sedangkan untuk kursi kepala daerah atau bupati dan wakil bupati belum ada sosok perempuan yang pernah mencoba masuk berkompetisi di Pilkada Pinrang sebelumnya.

Lanjut, bahwa kemungkinan besar di pilkada Pinrang tahun 2024 mendatang ada figur perempuan yang berlatar belakang pengusaha muda serta berprofesi sebagai dosen di Universitas ternama yang berpotensi untuk meramaikan bursa bakal calon bupati di Pilkada Pinrang 2024 mendatang, yakni Hj. Siti Mariani yang mempunyai latar belakang pendidikan Sarjana Ekonomi dan Bisnis (S1, S2) dan sekarang ini sementara menyelesaikan studi doktornya (S3) untuk itu dari latar belakang pendidikannya tidak diragukan lagi serta berpengalaman di dunia usaha dan bisnis.

“Pintu peluang bagi perempuan untuk ikut serta dalam mencalonkan diri sebagai pejabat publik terbuka lebar karena telah diatur oleh UU. Dan faktor kedua juga pemilih perempuan yang ada di Kabupaten Pinrang jauh lebih besar daripada pemilih laki-laki, jika mereka mengemas isu-isu yang berhubungan tentang perempuan dan anak dengan baik kemungkinan besar mereka akan mendapatkan penerimaan tinggi terkhusus pada pemilih perempuan itu sendiri,” ungkapnya.

Di tempat yang terpisah, awak media meminta pendapat salah satu tokoh pemuda bernama Ansar (2/03/2024). Dia mengatakan bahwa dengan adanya figur atau kandidat bakal calon Bupati Pinrang untuk pertarungan pilkada 2024 mendatang yang memiliki pengalaman di dunia usaha dan bisnis serta memiliki pengalaman di bidang pendidikan, maka kami tidak memandang apakah itu dari kalangan perempuan atau laki-laki, yang jelasnya mau berkomitmen untuk membangun Pinrang dan memperhatikan pendidikan putra putri Bumi Lasinrang serta meningkatkan perekonomian rakyatnya, Insya Allah kami sekeluarga akan mendukung beliau di pilkada 2024 mendatang, kata Ansar." tutupnya.(MA).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment