News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Prajurit Lanal Bintan Bersama Jajaran Satuan TNI AL di Tanjung Uban Laksanakan Upacara Hari Armada RI Tahun 2023

Prajurit Lanal Bintan Bersama Jajaran Satuan TNI AL di Tanjung Uban Laksanakan Upacara Hari Armada RI Tahun 2023

 
Mediapertiwi,id,Bintan-Prajurit Lanal Bintan bersama satuan-satuan TNI AL di Tanjung Uban melaksanakan upacara dalam rangka Hari Armada RI Tahun 2023. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kabengmes Fasharkan Mentigi Letkol Laut (T) Heldi Gustiar dengan Komandan Upacara Komandan Pos TNI Angkatan Laut Berakit Kapten Laut (E) Abdul Arifin, Selasa (05/12/2023).

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., yang dibacakan Irup mengatakan bahwa setiap kali saya berdiri dihadapan Prajurit Jalasena, saya merasakan kekuatan dan semangat membara, yang membuktikan bahwa keberanian dan dedikasi kalian merupakan pondasi kokoh dalam menjaga kedaulatan laut nusantara. 

Semangat juang yang telah ditunjukkan merupakan langkah untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia. Ingatlah selalu pesan presiden RI Joko Widodo bahwa di laut tersimpan harapan, di laut tersimpan kejayaan. 

Dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini TNI Angkatan Laut dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan. Kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun non-tradisional menegaskan urgensi bahwa Prajurit Jalasena Armada harus adaptif dan responsif  terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut. Oleh karena itu, keberadaan Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol Kekuatan. Namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia. 

Untuk menjawab tantangan tersebut perlu dilakukan upaya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatanTNI Angkatan Laut secara holistik. Hal ini mencakup pemenuhan dan modernisasi Alutsista, peningkatan fasilitas pendukung operasi, serta pengembangan manajemen operasi dan dukungan logistik, dan yang lebih utama, yaitu pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan prajurit yang profesional. 

Melalui tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”, peringatan Hari Armada RI tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut nusantara. Saya ingatkan bahwa di tahun politik ini, peran Armada sangat penting dalam mendukung proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air. TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut, namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan pemilu berjalan jujur dan adil. Alutsista Armada harus siap membantu pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik pemilu sampai dengan pulau-pulau terpencil dan terluar. 

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit Jalasena Samudera dimanapun bertugas, ketahuilah bahwa penghormatan dan ucapan terima kasih tidak cukup untuk menyampaikan rasa syukur atas pengabdian kalian yang tanpa batas, kalian menjadi contoh nyata, bahwa kehormatan bangsa tidak bisa diukur dengan imbalan materi dan pujian semata. Kehormatan sejati terletak pada ketulusan hati dan kesediaan untuk mengabdi tanpa pamrih demi kejayaan bangsa. Atas nama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, saya mengucapkan “Selamat Hari Armada Republik Indonesia”. Teriring doa dan harapan semoga Armada RI senantiasa menjadi Ksatria Pengawal Samudera yang mampu menyatukan nusantara dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keberanian dan kehormatan. (Pen Lanal Bintan).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment