News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peternak Mandiri Selalu Merugi Tanpa Dipedulikan Nasibnya Oleh Pemangku Kebijakan, Ketua KPUN Demo Bagi2 Ayam Gratis Masyarakat

Peternak Mandiri Selalu Merugi Tanpa Dipedulikan Nasibnya Oleh Pemangku Kebijakan, Ketua KPUN Demo Bagi2 Ayam Gratis Masyarakat

Mediapertiwi,id,Jakarta-Puluhan tahun peternak ayam mandiri selalu ditindas tanpa diperdulikan nasibnya, diduga perusahaan integrator lakukan Predatory pricing ayam hidup untuk menyingkirkan pesaingnya melalui harga input sapronak (sarana produksi ternak) yang tinggi dan selalu mengalami kenaikan yang tidak di imbangi dengan harga jual ayam hidup (Life Birds) dikandang.

“Sehingga peternak mandiri selalu mengalami kerugian dalam berproduksi,” demikian dikatakan oleh Ketua Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN), Alvino Antonio dalam orasinya pada aksi demo bagi-bagi Ayam di Patung Kuda Monas, Jakarta pada Kamis 12 Oktober 2023.Lebih lanjut dalam orasinya, Alvino mengungkapkan bahwa, Peternak mandiri dibiarkan berproduksi dengan biaya produksi yang tinggi, yang seharusnya harga input sapronak bisa lebih murah dikarenakan sudah swasembada ayam pedaging.“sewajarnya perusahaan integrasi vertikal menjual pakan dan DOC nya lebih murah dibanding kompetitornya sebab mereka mendapatkan bahan baku pakan serta kuota Impor GPS lebih banyak daripada kompetitornya mengapa malah sebaliknya menjual lebih mahal dibanding kompetitor mereka,” jelasnya.

Menurutnya, Kesulitan yang dialami peternak mandiri dan peternak rakyat ini tidak dapat dilepaskan dari langkah kebijakan Kementerian/ Lembaga terkait, tidak memiliki orientasi yang jelas dalam melindungi peternak mandiri dan peternak rakyat dan telah diamanatkan dalam UUD 45 Pasal 28G ayat 1 dan Pasal 28H ayat 1 tentang Hak atas perlindungan diri pribadi dan Hak Hidup sejahtera.

Alvino mengungkapkan, tidak memiliki data yang valid mengenai kebutuhan dan konsumsi (Suply demand) ayam broiler di Indonesia. Hal ini mengakibatkan supply and demand tidak dapat diproyeksikan secara tepat. Sehingga, di pasaran ketersediaan ayam selalu berlebihan (over supply).Dia tambahkan, Ketiadaan data yang valid ini kemudian digunakan oleh perusahaan-perusahaan integrator untuk menguasai pasar dari hulu ke hilir yang berdampak secara langsung terhadap operasional dan kehidupan peternak mandiri dan peternak rakyat.

“Situasi ini Predatory pricing perusahaan integrator menjual ayam hidup kepasar becek/tradisional Rp. 19.000 – 20.000 per kg dibawah biaya pokok produksi peternak mandiri yaitu Rp. 21.000 – 22.000 per kg (berat ayam hidup 1,6 – 1,8 kg) yang mengakibatkan harga jual ayam hidup di pasaran selalu turun dibawah HPP peternak mandiri, dimana input sapronak lebih tinggi daripada harga jual ayam hidup di kandang,” sebut Alvino.“Daripada terus menerus merugi kami berinisiatif melakukan membagi-bagi ayam hidup (Life Birds) kepada masyarakat sambil kami memohon keadilan kepada pemangku kebijakan,” imbuh Alvino.

Menimpali Alvino, Korlap (Harry Widyantoro) mengungkapkan, bahwa pada saat peternak mandiri panen justru harga ayam hidup selalu dirusak oleh para integrator ayam hidup (Life Birds) yang menjual dibawah Harga Pokok Produksi peternak mandiri.

“sehingga selalu saja peternak mandiri menjadi korban, tetapi anehnya para Feedmill dan breeder justru dapat menciptakan pelaku baru untuk bermitra dengan iming-iming bahwa berproduksi ayam pedaging menciptakan peluang serta keuntungan luar biasa padahal justru menjerumuskan investor kepada kebangkrutan dan bahkan ada beberapa peternak mandiri yang bunuh diri karena jeratan hutang,” pungkas Korlap Harry Widyantoro, menutupnya.(Sup).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment