News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Diduga, Pekerjaan Proyek Talud Solo-Peneki Dikerja Asal-asalan,LSM Laser Akan Laporkan Ke,Kejati SulSel

Diduga, Pekerjaan Proyek Talud Solo-Peneki Dikerja Asal-asalan,LSM Laser Akan Laporkan Ke,Kejati SulSel

 
Mediterania,id,Wajo-SulSel-Diduga, pekerjaan proyek talud di ruas Jalan Solo-Peneki dengan panjang 5,6 Km di Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo, dinilai dikerjakan asal-asalan dan tidak sesuai bestek. Alhasil, pekerjaan itu pun mendapat sorotan dari salah satu Aktivis di Wajo.

Sekertaris Lumbung Aspirasi Serikat Rakyat (Laser) Sulsel, Andi Baso Syamsualam menilai, pekerjaan Talud itu diduga dikerja asal-asalan dan tidak sesuai bestek.

Ia mengatakan kalau Proyek tersebut masih dalam tahap pengerjaan terutama pada bagian talud.

"Pengerjaan talud masih dalam tahap berjalan, namun beberapa titik yang sudah di finishing justru mengalami keretakan, "kata Andi Baso Syamsul Alam, Jum'at, (29/09/2023).

Lanjut Dia, Terdapatnya keretakan di beberapa titik, di duga karena material yang di pergunakan tidak berdasarkan juknisnya

Selain itu,  adukan semen tidak lagi memakai standar, hanya memakai hitungan skop untuk menaikan pasir di atas mesin pengadu campuran.

"Setiap 40 Kg semen memakai pasir sebanyak 55 kali skop materialnya, sehingga hasil dari pada adukan semen di duga tidak berkekuatan, jelas Andi Baso

Hal itu kami temukan saat melakukan monitoring dilokasi proyek pada Kamis, (28/09/2023) kemarin, dan menemukan kalau proses adukan semen di duga tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada dalam RABnya.

Selanjutnya, kami akan melakukan pelaporan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) SulSel di dalam waktu dekat ini, yang di sertai beberapa bukti rekaman video termasuk dalam adukan semen yang hanya memakai takar skop untuk meterial pasir," tandas Andi Baso Syamsul Alam.

Terkait masalah tersebut koordinator pekerjaan proyek tersebut, Dani yang di konfirmasi lewat telpon selulernya tidak merespon, bahkan kami mencoba berkunjung Ke Basecamp sedang tidak ada di tempat.

Sementara Adi salah satu pekerja Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel, yang dihubungi  mengatakan kalau persoalan perbandingan semen dan pasir serta keretakan talud kami akan mengeceknya

"Iya nanti kami kelapangan mengeceknya pak, "katanya singkat melalui telpon selulernya, Kamis, (28/09/2023)

Untuk di ketahui Proyek Peningkatan Jalan Solo - Peneki di kerjakan PT.Tri Star Mandiri, dengan No kontrak : HK.02.01/PJN.WIL-/1/PPK 1, 5/SL/2023, Nilai Kontrak : Rp. 24.182.289.397.00 dan waktu pelaksanaan 150 Hari kalender dan waktu pemeliharaan: 365 Hari kalender.(ABR).

Editor : Muin

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment