News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Curhatan Pak Kades Di Kab.Padang Lawas , Terpaksa Berhutang Ke Rentenir Untuk kewajiban Ikut Bimtek

Curhatan Pak Kades Di Kab.Padang Lawas , Terpaksa Berhutang Ke Rentenir Untuk kewajiban Ikut Bimtek

  
Mediapertiwi,id,Padang Lawas-Sumut-Bimtek ( bimbingan teknik ) menjadi momok bagi  kepala desa di kab.padang lawas , pasalnya kegiatan bimtek yang di duga Motori apdes ( asosiasi pemerintah desa ) kab.padang lawas  di bulan September ini sudah di lakukan dua Minggu berturut turut Minggu pertama dan Minggu kedua September ini .

Hal ini cukup membuat beban  para kepala desa , salah seorang kepala desa yang enggan  di sebutkan namanya  menyampaikan curahan hatinya kepada  wartawan  terkait  program bimtek kepala desa se kab Padang lawas yang membuat ia saat ini sempat terjepit utang piutang  dengan rentenir saat ini .

Ia mengaku kepada awak media akibat program  bimtek di bulan September ini  ia harus utang kepada rentenir karna anggaran desa mereka belum cair , saat akan di laksanakan bimtek di kota Medan  sehingga ia harus utang ke rentenir untuk menutupi biaya bimtek sekitar kurang lebih Rp 10 juta  s/d 15  juta / bimtek .

" kami kepala desa di kab.padang lawas ini cukup merasa tertekan dengan adanya kegiatan bimtek sering di laksanakan ,di saat anggaran desa kami belum cairi kami harus utang ke rentenir yang membungkam uang dengan bunga yang cukup besar " ujar salah seorang kades 

Sementara itu saat di konfermasi kepada ketua Apdes kab Padang lawas  Hamdani Daulay  melalui Chat what's app  Ketua apdes kab.padang lawas tidak merespon ,dan  sepertinya no wa ketua apdes tidak lagi aktif .

Menanggapi terkait curhatan salah  kepala desa di kab.padang lawas  tentang kegiatan bimtek kepala desa  se kab.padang lawas , sekjen DPN FORMAPERA ( forum masyarakat pemantau negara ) Bambang Syahputra  mengungkapkan kepada awak media , sepertinya adanya tekanan terhadap para kepala desa dari oknum tertentu  yang mewajibkan seluruh kepala desa ikut kegiatan bimtek ,  sehingga kepala desa terpaksa utang ke rentenir dan di bayar saat dana desa cair.

jelas ini ada dugaan unsur mencari ke untungan yang di lakukan pihak pihak tertentu , hal ini cukup menjadi dasar dari pihak lsm formapera untuk melaporkan program bimtek desa se kab.padang lawas ke  KPK ( komisi pemberantasan korupsi ).

" cukup miris ada curhatan seorang  kepala desa yang berhasil Kami konfermasi dan kami rekam. , ia harus utang ke rentenir untuk dugaan kewajiban  mengikuti bimtek di kota Medan dua Minggu berturut turut , jelas ini ada dugaan penekanan atau pemaksaan dari pihak tertentu , sehingga bimtek desa se kab. Padang lawas cukup memenuhi unsur adanya dugaan penyelewengan pengunaan uang negara  demi mencari keuntunga. Pihak tertentu "  ujar Bambang. (Tim/RI-1)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment