News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-78 RI

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-78 RI

 
Mediapertiwi,id,Jakarta-Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 17 Agustus 2023, berlangsung dengan khidmat dan lancar. Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut dan tampak hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, serta berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum mewujudkan Indonesia Maju.

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan. Saat ini, ia menjabat sebagai Danmen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Laporan komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, kemudian membacakan naskah proklamasi yang pada 78 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.

Selepas itu, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, kemudian memandu pembacaan doa.

Lilly Indriani Suparman Wenda, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Provinsi Papua Pegunungan selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera, Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera, dan Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8.

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka yang tergabung dalam Tim Indonesia Maju tersebut. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di Halaman Istana Merdeka.

Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara menandai akhir dari Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan persembahan lagu “Hari Merdeka” karya Husein Mutahar dan medley sejumlah lagu daerah dalam bentuk perpaduan orkestra dengan alat musik tradisional oleh Gita Bahana Nusantara.

Aksi para prajurit TNI dan Polri yang melakukan fly pass pesawat tempur dengan berbagai formasi turut memeriahkan upacara kali ini. Tak ketinggalan, aksi helikopter yang membawa bendera Merah Putih raksasa dan membentuk berbagai formasi turut menghiasi langit Istana.

Selain itu, ditampilkan juga tayangan yang memperlihatkan suasana terkini di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam tayangan tersebut, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe menyampaikan progres pembangunan IKN.

Penampilan penyanyi Putri Ariani dan sejumlah grup musik pun membuat suasana makin meriah. Tidak hanya para undangan, para pasukan peserta upacara juga ikut berjoget dan larut dalam penampilan para penggiat seni Tanah Air tersebut.

Jakarta, 17 Agustus 2023

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment