News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komunitas Bakul Budaya FIB UI Mengadakan Sedekah Hutan 2023

Komunitas Bakul Budaya FIB UI Mengadakan Sedekah Hutan 2023

 
Mediapertiwi,id,Depok Jakarta-Bareng-bareng Kumpul (Bakul) Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) mengadakan Sedekah Hutan Universitas Indonesia 2023, yang digelar pada 3 Juni 2023 hingga 8 Juni 2023.

Kegiatan ini, dilakukan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang jatuh pada 5 Juni 2023. Sekadar diketahui, Komunitas Bakul Budaya FIB UI ini merupakan komunitas yang lahir dari keresahan, terkait tingkat intoleransi yang tinggi di banyak wilayah di Indonesia yang terjadi karena minimnya ruang ekspresi dan kebudayaan.Sejak berdiri pada 3 September 2022, aktivitas Bakul Budaya fokus untuk menciptakan ruang olah raga, olah jiwa, dan olah rasa melalui beragam aktivitas kebudayaan seperti menari tarian tradisional nusantara, apresiasi budaya, diskusi budaya, kelas budaya, dan darma budaya yang bertujuan untuk mendukung usaha pemajuan kebudayaan nasional

Kali ini, Bakul Budaya FIB UI pada kesempatan ini bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia menggandeng Makara Art Center Universitas Indonesia, yaitu pusat seni dan budaya milik Universitas Indonesia untuk mengadakan pagelaran “Sedekah Hutan Universitas Indonesia 2023” yang digelar pada 3 Juni 2023 hingga 8 Juni 2023. Dalam rangkaian acara kirab Sedekah Hutan, Bakul Budaya dan Makara Art Center juga melibatkan puluhan seniman tradisi Sunda dari Garut di bawah pimpinan Abah Asep Santana, untuk bersama-sama melakukan ritual penanaman pohon sebagai bentuk tanda cinta untuk hutan dan juga alam semesta.

Adapun penari-penari yang dilibatkan dalam ritual ini adalah Emma Wuryandari dan Sufiania Nayasubrata dari Bakul Budaya. Acara “Sedekah Hutan Universitas Indonesia 2023” mendapat sambutan baik dari berbagai pihak, seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, danTeknologi, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, PT Pertamina Hulu Energi dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.(Su).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment