News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Babinsa Gumiwang Lor Hadiri Rakor Pembentukan Rumah Desa Sehat

Babinsa Gumiwang Lor Hadiri Rakor Pembentukan Rumah Desa Sehat

 
Mediapertiwi,id,Wonogiri-Pembangunan kesehatan di desa, akan lebih mudah tercapai apabila masyarakat desa lebih terdidik/terliterasi tentang kesehatan. Untuk itu, Kamis(22/6/23) bertempat di Aula Balai Desa Gumiwang Lor, Kecamatan Wuryantoro, telah di laksanakan kegiatan Rapat Koordinasi pembentukan Rumah Desa Sehat(RDS).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Camat Soemardjono Fadjari, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Wonogiri Agus Hartanto, Kades Gumiwang Lor Suparman, Babinsa Desa Gumiwang Lor Koramil 10/Wuryqntoro Serda Dwiyanto, Bidan Desa Gumiwang Lor Ernawati, Pendamping Desa Aisyah, Kadus se-Desa Gumiwang Lor dan Kader Kesehatan.

Dalam sambutannya, Kades mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan berharap agar memperhatikan apa yang disampaikan oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten, agar nantinya program baru desa dalam bidang kesehatan ini dapat berjalan dengan selaras sesuai ekspektasinya. 

Dikatakan oleh Agus Hartanto selaku Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, bahwa RDS (Rumah Desa Sehat) adalah Sekretariat Bersama bagi para penggiat pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Pembangunan Desa di Bidang Kesehatan, yang berfungsi sebagai Ruang literasi Kesehatan, Pusat penyebaran Informasi Kesehatan dan Forum Advokasi Kebijakan di bidang kesehatan.

Dirinya menambahkan, salah satu tujuan pembentukan Rumah Desa Sehat yaitu untuk terpenuhinya 5 ( lima ) paket layanan kegiatan konvergensi stunting diantaranya, Layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Konseling Gizi Terpadu, Perlindungan Sosial, Sanitasi dan Air Bersih serta Layanan Pendidikan Anak Usia Dini.

Sementara itu, Babinsa sangat menyambut baik pembentukan RDS di desa binaannya tersebut, karena nantinya dengan adanya program tersebut, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan tingkat desa dan khususnya dalam upaya penanganan stunting, (Arda 72).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment