News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Profesionalisme, Prajurit Lanal Palembang Laksanakan Latihan VBSS

Tingkatkan Profesionalisme, Prajurit Lanal Palembang Laksanakan Latihan VBSS

 
Mediapertiwi,id,Palembang-Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan diwakili Palaksa Lanal Palembang Letkol Laut (P) Yusan Taufik membuka Pelatihan Visit, Board, Search and Seizuri (VBSS) yang diikuti oleh Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang, bertempat di Gedung Sultan Mahmud Badaruddin II Mako Lanal Palembang, Rabu (24/05/2023).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan melalui Palaksa Lanal Palembang Letkol Laut (P) Yusan Taufik menyampaikan, Latihan VBSS ini sebagai latihan rutin digelar dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi keamanan laut. Sasaran yang ingin dicapai dalam latihan ini adalah meningkatnya profesionalisme prajurit Lanal Palembang dalam melaksanakan tugas penegakan hukum di laut serta menyamakan pola pikir dan pola tindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, guna menciptakan kondisi keamanan laut yang kondusif bagi para pengguna laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Para peserta latihan harus bisa bertindak cepat, tepat, dan efektif serta dapat memecahkan persoalan dengan solusi terbaik dalam menghadapi dinamika permasalahan pelanggaran hukum yang terjadi di laut, yang disesuaikan dengan standar prosedur operasi ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku baik hukum nasional maupun internasional.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah agar para peserta memiliki pengetahuan dan profesionalisme yang baik dalam setiap pelaksanaan tugas yang diemban. Dalam rangka pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul. VBSS merupakan teknik yang harus dikuasai oleh personel guna kesiapan tugas operasi penegakan hukum dan keamanan di laut. Melalui latihan secara rutin, personel akan terbiasa dan secara otomatis akan menghafal dalam dirinya bagaimana harus bertindak jika dalam situasi yang sebenarnya.

Akhirnya dengan selalu memohon bimbingan, petunjuk dan perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa, kepada para peserta latihan saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan pelatihan dengan penuh disiplin dan berhati-hati dalam bersikap dan bertindak serta selalu ikuti petunjuk instruktur, ikuti kegiatan dengan cermat, tanggap dan waspada.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita dan selalu meridhoi dan merestui kita semua dalam  melaksanakan tugas dimanapun berada.

Pelatihan Visit, Board, Search and Seizuri (VBSS) dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 24 sampai dengan 25 Mei 2023. Pelatihan hari pertama pemberian materi di kelas dan pelatihan hari kedua akan dilaksanakan praktek di lapangan.

Adapun materi yang diberikan meliputi mission planning (penyusunan rencana), hook and climb (latihan memasang tangga dan memanjat diatas geladak), ship movement (latihan teknik bergerak di geladak kapal), markmanship (menembak), close quarter combat (latihan pertempuran dalam ruangan), prisoner handling (latihan penanganan musuh yang tertangkap), serta medical evacuation (latihan penanganan terhadap korban yang terluka/tertembak).(Pen Lanal Palembang).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment