News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Modus Penipuan Catut Nama Bupati, Kabid Humas Pemkab Wajo : Itu Bukan Beliau

Modus Penipuan Catut Nama Bupati, Kabid Humas Pemkab Wajo : Itu Bukan Beliau

Mediapertiwi,id,wajo-Sulsel-Pemerintah Kabupaten Wajo menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. Pasalnya, berbagai modus penipuan belakangan ini terjadi melalui media sosial.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Dinas Kominfotik Kabupaten Wajo, Safaruddin pada Jum'at (19/5/2023). Menurutnya, beberapa waktu terakhir ini beberapa ASN diambil alih akun Whatsapp nya karena motif undangan dalam bentuk aplikasi (apk) yang dikirimkan ke nomor korban.

Terbaru, lanjut pria yang akrab disapa Safar ini, ada modus penipuan yang mengatasnamakan Bupati Wajo, Bapak Amran Mahmud yang menyasar ke pengurus masjid.

"Beberapa hari lalu, ada oknum yang menghubungi salah seorang panitia pembangunan masjid di Wilayah Kecamatan Tempe dan meminta nomor rekening Masjid. Oknum tersebut mengaku diminta oleh Bapak Amran Mahmud untuk menyalurkan bantuan pembangunan untuk masjid tersebut," katanya.

Bahkan, kata Safar, Oknum ini mengirimkan bukti atau resi transferan ke pengurus untuk meyakinkan bahwa telah dikirim Rp39 juta rupiah ke rekening Masjid. Catatannya bahwa Rp30 juta untuk masjid dan Rp9 juta untuk salah satu panti asuhan.

Oknum ini kemudian meminta untuk segera disalurkan untuk panti asuhan saat itu juga dengan alasan bahwa programnya harus hari itu, sementara menjelang magrib, bank sudah tutup sehingga tidak ada kesempatan bagi pengurus untuk mengecek kebenaran transaksi tersebut.

"Pengurus masjid kemudian diminta untuk mengupayakan Rp9 juta untuk dikirimkan ke Panti Asuhan yang ditentukan si Oknum ini berikut nomor kontak panti yang pasti bukan kontak asli panti tersebut. Untungnya, pengurus masjid langsung memblokir dan modus penipuannya gagal," ucap Safar.

Safar berharap agar kejadian seperti ini menjadi pelajaran untuk tidak percaya dengan iming-imingan apapun, apalagi jika mendapatkan pesan dari orang yang tidak dikenal. Sebaiknya diklarifikasi dan ditanyakan lebih dahulu.

"Untuk yang mengatasnamakan Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Wajo, bisa langsung menanyakan ke layanan aduan online dengan chat Wa ke nomor 081144301212," pungkasnya.(Hpw).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment