News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Damayanti Batti promosikan kain Tenun Toraja dan Sarita di Medan Sumatra Utara dalam Hut Dekranasda ke 47

Damayanti Batti promosikan kain Tenun Toraja dan Sarita di Medan Sumatra Utara dalam Hut Dekranasda ke 47

 

Mediapertiwi,id,Tator-SulSel-Damayanti Batti  S.IP , MA selaku Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Toraja Utara  hadir dalam HUT Dekranas ke 47 tanggal 16 Mei 2023 di Hotel Santika Kota Medan. perigatan ini dibuka  Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan ibu Hj. Wury Maruf Amin dan dihadiri oleh pengurus Dekranasda dr seluruh provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dekranas berupaya menjaga warisan tradisi dan budaya bangsa dengan melakukan pembinaan kepada para perajin, dan regenerasi perajin lokal serta penumbuhan wirausaha baru. 

Tema Dekranas thn ini adalah : "wirausaha baru tercipta, perajin berjaya".

 
Dekranasda Kabupaten Toraja Utara akan berupaya untuk melakukan berbagai pelatihan, pendampingan dan pemasaran produk-poduk unggulan perajin TORUT.

Yanti  sapaan akrabnya  yang juga Founder Toraja Ma'gellu menjelaskan "kita sebagai orang Toraja harus bangga , mencintaindan memelihara  Kain Toraja , seperti

Dlm kesempatan ini kami beserta seluruh kontingen Sulsel mengenakan kain SARITA  produksi UKM Toraja Utara"

Dekranasda Torut juga memamerkan produk2 unggulan kain tenun, sarita dan busana yg dikombinasi dengan tenun dan sarita dengan desain otentik , modern dan kualitas dunia dimana ke Promosi ke Medan Sumatra Utara ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kualitas serta daya saing kerajinan UKM Toraja Utara yang berbasis kearifan lokal" 

Damayanti yang   yang juga adalah Ketua Masyarakat Sadar Wisata berharap  " saya mengharapakan melalui pameran ini produk kain Toraja lebih dikenal  secara Nasional dan meningkatkan ekonomi serta kreatifitas pengrajinnya.

Di tempat yang sama  Damayanti Batti selaku Wakil Ketua TP PKK Torut yang juga adalah istri dari Wabup  Toraja Utara Frederik V palimbong berkesempatan menghadiri Hari Kesatuan Gerak PKK ke 51 di Hotel Santika Kota Medan. Tema HKG PKK 2023 :"Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh wujudkan Indonesia tumbuh"

Damayanti  yang juga  penggagas Toraja Highland  Festival   mengingatkan  kembali kepada seluruh kader PKK Toraja Utara  untuk mempedomani  

10 program PKK yaitu : 

• Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

• Gotong Royong

• Pangan

• Sandang

• Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga

• Pendidikan dan Ketrampilan

• Kesehatan

• Pengembangan Kehidupan Berkoperasi

• Kelestarian Lingkungan Hidup

• Perencanaan Sehat

Sedangkan, Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan agar kader PKK tetap semangat menjalankan tugas mulia ini. PKK adalah ujung tombak yang selalu bergerak untuk berdampak demi kesejahteraan keluarga Indonesia. Diperlukan peran aktif masyarakat dalam mendukung program- program PKK.(R.)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment