News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ada Wacana Salah Satu Bacapres Akan dijegal:ini Pernyataan Jubir Partai Garuda

Ada Wacana Salah Satu Bacapres Akan dijegal:ini Pernyataan Jubir Partai Garuda

 
Mediapertiwi,id,Jakarta--Jubir Partai Garuda Teddy Gusnaidi bicara terkait beredarnya wacana salah satu bakal calon presiden (bacapres) akan dijegal oleh lawan politik. Menurutnya, penjegalan seorang bacapres hanya bisa dilakukan oleh partai politik pengusungnya sendiri.

"Hentikan narasi yang dibangun oleh beberapa partai politik bahwa, ada yang mau menjegal bakal capresnya untuk tidak maju di pilpres, seolah-olah ada kekuatan, baik dari pemerintah maupun lawan politik yang bisa menjegal bakal calon mereka. Tentu ini narasi yang harus diluruskan agar masyarakat mengerti," kata Teddy dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5/2023).

Menurutnya, mengacu pada UUD 45 dan UU Pemilu yang bisa mengajukan atau mengusulkan bakal capres adalah partai politik peserta pemilu dan tentu saja yang bisa menjegal adalah partai politik peserta pemilu itu sendiri."Kalau mereka ingin seseorang menjadi capres, tinggal mereka ajukan ke KPU, maka resmi sudah orang yang mereka inginkan menjadi capres dan bisa berlaga di pilpres. Begitupun jika mereka ingin membatalkan orang tersebut untuk menjadi capres, ya dengan cara tidak mengajukan ke KPU. Semudah itu," tuturnya.

Ia mengatakan penjegalan bukan dari pihak lain. Menurutnya, jika sosok yang digadang-gadang untuk menjadi capres dan akhirnya tidak bisa mewujudkan maka fix 100% penjagalan itu dilakukan oleh kumpulan partai yang mengusung capres tersebut.

"Atau memang ini alasan mereka untuk membatalkan orang yang tadinya ingin mereka calonkan?," kata Teddy.Menurutnya, isu penjegalan bacapres bisa menjadi pelajaran politik yang bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga masyarakat tidak mudah termakan oleh narasi tidak bertanggung jawab terkait pemilu.

"Ini bagian dari pendidikan politik, agar masyarakat mengerti dan tidak termakan dengan narasi sesat tentang pemilu," tutupnya.

Sebelumnya, dikutip dari CNN Indonesia diketahui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengakui ada penjegalan yang diterima oleh bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Meski demikian, Paloh mengklaim tak mengetahui siapa pihak yang menjegal Anies supaya tak maju pilpres belakangan ini. Ia hanya mengibaratkan proses penjegalan Anies ini ibarat angin, terasa namun tak bisa ditangkap bentuknya.(Sup).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment