News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Wajo: Kick-Off Zona KHAS Lego-Lego Tumbuhkan Ekonomi Lokal

Bupati Wajo: Kick-Off Zona KHAS Lego-Lego Tumbuhkan Ekonomi Lokal

 
Mediapertiwi,id,Makassar-SulSel-Kegiatan Opening Nasional Fair dan Kick-Off Lego-Lego sebagai Zona Kawasan Halal, Aman dan Sehat (KHAS) memberikan kesempatan masyarakat pelaku UMKM dalam memperluas koneksi dengan menampilkan berbagai macam olahan makanan khas daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si usai menghadiri acara Pekan Ekonomi Syariah Road to Fesyar KTI 2023 bertajuk Kick-Off Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS) Lego-Lego yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Andi Sudirman Sulaiman, ST. Bertempat di Center Point Of Indonesia Jalan Metro Tanjung Bunga Makassat, Senin (3/04/2013).

"Baru saja dilaksanakan Kick-Off Zona KHAS Lego-Lego yang dilouncing oleh bapak Gubernur, event ini merupakan upaya pemerintah untuk mendukung pelaku UMKM dan juga sebagai bagian dari pengembangan ekonomi lokal dan kreatif. Tentunya, dengan memberdayakan para UMKM secara langsung kita telah mendapatkan peran masyarakat untuk turut serta memberikan andilnya dalam meningkatkan ekonomi lokal. Dan hari ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Wajo menunjukkan pembinaan UMKM yang memang sudah bersertifikat halal prodak-prodaknya serta lisensi perizinannya," Ucap Amran Mahmud

Kurang lebih ada 50 prodak yang masuk dalam binaan UMKM kami, ini akan berkembang terus dari 10.000an enterpreneur yang kita bina sekarang ini dengan melakukan berbagai pendampingan-pendampingan baik dari Sumber Daya Manusia (SDM) maupun memediasi untuk mendapatkan akses bantuan keuangan dari lembaga keuangan.

Selain pembinaan, diberikan juga semangat enterpreneur serta inovasi-inovasi untuk membangun jaringan, insya Allah kami akan membangun pasar daripada UMKM kami baik di Kota Makassar maupun didaerah-daerah lainnya.

"Tentu ini akan dikolaborasikan dengan semua kelompok-kelompok binaan yang ada sehingga kita harap akan melahirkan usahawan-usahawan bahkan pengusaha-pengusaha sukses dalam membina UKM mereka menjadi pengusaha besar," Kata Bupati Amran Mahmud.

Ia menambahkan, kami yakin dan optimis kalau ini terus dibina kemudian pemerintah juga hadir memberikan perhatian serta apa yang menjadi permasalahan kita carikan solusinya, insya Allah kami yakin ini bisa terbenahi semua. "Sukses selalu dari kami Pemerintah Kebupaten Wajo, semoga terus membangun enterpreneur wirausaha-wirausaha yang semakin sukses," Tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Tim Pembina UMKM Kab. Wajo Achmad Muflih Insani mengatakan bahwa louncing program yang dilaksanakan di Lego-Lego sangat memberikan hal positif bagi pelaku-pelaku UMKM lokal khususnya di Kota Makassar dan umumnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Ia berharap kedepannya ini bisa dipertahankan untuk bagaimana kemudian ini menjadi jangka panjang terhadap pelaku usaha dan ekonomi sehingga perputaran ekonomi bisa dirasakan oleh masyarakat.

Kami juga berterima kasih kepada bapak Bupati Wajo selaku kepala pemerintah Kabupaten telah memberikan supportnya selama ini terhadap pelaku-pelaku UMKM di Kabupaten Wajo karena hingga saat ini sekitar 10.200 data UMKM yang kami pegang dan itu sudah di verifikasi," Terangnya.

"Kedepannya kami akan memprogramkan untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah agar pelaku UMKM yang sudah terbentuk dapat di upgrade lagi dan dibina kembali, kalau memang sudah mumpuni secara kemampuan, siap secara mental kami akan melakukan pendampingan secara terus menerus untuk kemudian kita tingkatkan lagi dan tidak menutup kemungkinan kami akan tetap membuka pelaku-pelaku usaha yang baru. Harapan kami bagaimana kemudian program-program pemerintah khususnya Kabupaten Wajo umumnya di Sulawesi Selatan terus bersinergi dengan pelaku-pelaku usaha mikro agar dapat meningkatkan perekonomian melalui pelaku-pelaku usaha UMKM," Kunci Muflih.

Sementara itu, Ketua Akumindo Sulsel M. Taufiq Nahwi Rasul sangat mengapresiasi gelaran Kick-Off Zona KHAS Lego-Lego. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bagus dalam mempromosikan dagangan hasil kerajinan para pelaku UMKM sekaligus menampilkan keunggulan roda tiga sebuah kendaraan yang membantu penggiat UMKM dalam mendisribusikan pemasaran hasil kerajinan UMKM ke titik-titik tertentu yakni tempat-tempat keramaian seperti yang terjadi saat ini disini, kalau yang lainnya stay ditempat sementara roda tiga ini masih memungkinkan berpindah tempat dengan mudah mengangkut beberapa produk-produk UMKM yang ada," Urainya.

"Peran roda tiga cukup strategis dengan membantu mengefektifkan waktu mengunjungi titik tertentu, mendekatkan diri dengan market dan tentunya ini sangat membantu para pelaku UMKM menyentuh marketnya dalam waktu yang bersamaan ada disuatu tempat dengan mobile karena ada izin kendaraan dan layak untuk beroperasi menyelusuri beberapa jalan serta menempuh beberapa tempat titik di kota tertentu," Ujar Taufiq Nahwi Rasul.

Melalui kendaraan tersebut, prodak-prodak kerajinan teman-teman UMKM yang ada di Kabupaten Wajo laris terjual mulai dari penganan kue-kue menyambut hari raya Idul Fitri, beberapa kripik, sambel dan masih banyak lagi aneka produk-produk UMKM yang kita sajikan dikendaraan tiga roda ini, nantinya konsumen tinggal memilih mana yang cocok untuk dicoba.

Taufiq Nahwi yang kerap disapa Bang Yosi menuturkan bahwa bagi pelaku UMKM, peran pemerintah tentunya menjadi pengharapan karena dukungan UMKM untuk tumbuh ini sangat tergantung dari perhatian pemerintah.

"Tiga kelemahan yang kuat dari UMKM, pertama keterbatasan modal, pengembangan usaha dan inovasi serta digital marketing. Nah, tiga hal ini kalau mendapat support dari pemerintah tentu UMKM bisa dapat cepat berkembang, pelaku-pelakunya bisa lebih cepat berproduksi dan mendisribusikan sampai kepada tingkat komsumsi," Terang Yosi.

Ia menambahkan, saat ini Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) akan melakukan akselerasi dengan pemerintah dan kita coba dengan beberapa kabupaten kota. Misalnya, Kabupaten Wajo kita akan coba dan selanjutnya dengan pemerintah provinsi dan kabupaten kota lainnya sehingga kita harapkan secara bersamaan mereka tumbuh masing-masing dan mempromosikan prodak-prodak unggulan para UMKM yang ada di Sulsel. Sehingga kami berharap prodak-prodak yang selama ini tidak terdengar, terlihat dan tidak begitu terasa akan semakin terasa karena adanya supporting dari pemerintah sehingga akan tumbuh pelaku-pelaku UMKM untuk bersinergi masing-masing dan terutama dengan kehadiran kendaraan roda tiga ini sangat membantu mendistribusikan dan mempromosikan produk-produk serta menyentuh market-market yang ada disetiap daerah," Tutupnya. (Rz)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment