News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Betapa Indah dan Mengharukan Takbiran Pada Malam Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Diiringi Musik Pemuda Gereja Silo, Ambon

Betapa Indah dan Mengharukan Takbiran Pada Malam Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Diiringi Musik Pemuda Gereja Silo, Ambon

 

Oleh:Jacob Ereste 

Mediapertiwi,id-Aku Mulk dari grub WhatsApp Pribumi Bersatu, Ambon ini mengirimkan video bagus yang sangat mengharukan dalam acara takbir malam menyambut hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah atau 22 April 2023 Masehi pada malam itu juga dari Ambon.

Komentarnya, minta dicolek karena acara takbiran menyambut hari raya ini sangat  mengharukan, sebab yang mengiringi lantunan takbir kepada Allah Yang Maha Besar itu adalah para pemuda dari grub musik Gereja Silo Kota Ambon.

Artinya, betapa mesra dan rukun sebenarnya umat beragama di Indonesia, seperti yang tercermin dalam acara takbiran bersama yang menandai usainya puasa pada bulan ramadhan untuk kemudian menyambut suasana hati yang fitri pada hari raya lebaran ini. Keterharuan hati pun jadi berpaut dengan perayaan hari raya yang selalu mendua, tidak pernah klop bisa bersama dan serempak seperti yang memprihatinkan hati saat menyaksikan sendiri takbir pada malam Jum'at hingga kemudian pada malam Sabtu ini kembali takbir di masigit yang lain.

Aku sadar benih perpecahan melalui agama seperti ini perlu diredam. Karenanya aku ikut saja dengan pilihan ketetapan anggota keluarga terbanyak yang lebih dominan sambil memberi pengertian bahwa kita sebagai umat beragama boleh saja ikut pada pilihan hati kita sendiri. 

Sebab dengan keyakinan seperti itu, pilihan sikap untuk mengikuti perayaan lebaran pada hari Jum'at 21 April 2023 atau pada hari Sabtu, 22 April 2023, dapat dilakukan sesuai dengan bidik hati sendiri. Karenanya,  dengan pilihan sikap atas keyakinan seperti itu yang pertama agar upaya meredakan pertikaian lantaran perbedaan yang tidak perlu terjadi, bisa dikurangi. Lantas bersikap pasrah pada para pengambil keputusan--  toh jika kemudian ternyata  salah -- yang akan menanggung resiko dan dosanya mereka juga.

Jadi sungguh hatiku sangat terharu sekaligus bangga pada generasi muda milenial sekarang ini yang lebih bijak dan Arief menyikapi cara menjalankan agama yang baik dan benar untuk tidak antipati, atau bahkan mampu memberi dukungan seperti pemuda Gereja Silo, Ambon yang melantunkan iringan musik penuh nuansa Islami itu, seperti yang terekam dalam video amatir terlampir 

Semoga sikap toleran serupa dapat menjadi model pemuda Indonesia di era milineal sekarang ini, untuk tidak lagi merasa risi dan terganggu dengan beragam acara keagamaan di negeri kita yang pluralistik ini. Sebab nilai-nilai spiritual serupa ini hanya mungkin tumbuh subur dalam suasana yang guyup seperti takbir bersama menyambut hari raya bersama kelompok musik dari Gereja Silo Manado yang telah memberi contoh ini.

Banten, 21-22 April 2023

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment