News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ada Apa Poldasu Dalam Kegiatan Sertijab Dirkrimum dan Dirnarkoba Dikawal Provos, Mencegah Wartawan Meliput

Ada Apa Poldasu Dalam Kegiatan Sertijab Dirkrimum dan Dirnarkoba Dikawal Provos, Mencegah Wartawan Meliput

 
Mediapertiwi,id,Medan-SumUt-Sertijab Direktur (Dir) Krimum dan Dirnarkoba sekaligus  pelantikan Direktur Krimsus Polda Sumatera Utara berjalan hikmad, namun kegiatan bergengsi itu dilaksanakan secara tertutup didalam ruangan Aula Tribata dengan batasan jumlah pengunjung dan wartawan, Senin (27)3/23)

Kegiatan publik tersebut  berlangsung sangat mengecewakan bagi sebahagian wartawan yang hadir di dalam kegiatan itu, dan beberapa kali wartawan mencoba melakukan peliputan acara namun dilarang masuk petugas Propos dari kesatuan Propam Polda sumut tanpa memberikan alasan yang jelas.

Puluhan wartawan pun menunggu untuk moment wawancara dalam kegiatan Sertijab 2 Dir Polda Sumut dan pelantikan Dirkrimsus Polda Sumut.

Acara Sertijab yang berlangsung hingga menjelang magrib terlihat berlanjut dengan acara berbuka puasa bersama, namun lagi- lagi kesempatan wartawan untuk melaksanakan tugas peliputan masih terkendala dengan pengawasan yang sangat ketat dari petugas Propam Polda Sumut 

" Wartawan yang meliput juga ada yang sedang berpuasa, syukurnya ada mesjid tempat wartawan melakukan berbuka puasa, hingga malam selesai magrib kegiatan pasca Sertijab masih berlangsung, tapi tidak ada akses dibuka bagi wartawan untuk melakukan kegiatan peliputan, hanya beberapa wartawan yang ada diruang aula bersama perangkat humas Polda Sumut" ujar Jul salahsatu wartawan on line.

Lanjutnya, kegiatan yang terbilang bergengsi itu masih terkesan tertutup bagi publik.

" Paling juga wartawan hanya akan menayangkan rilis yang sudah dirilis bid. Humas, sedangkan bagi tugas wartawan tak ada batasan untuk melakukan peliputan kegiatan publik khususnya jabatan tinggi di Polda Sumut," imbuhnya 

Masih menurut wartawan media on line Nasional ini, apa yang dilakukan Kapolda Sumut Irjen Drs RZ Panca Putra S MSi, dalam peran sertanya kepada media masih terkesan tertutup.

" Bagaimana kita bisa menjalankan fungsi sosial kontrol dan tugas publikasi terhadap kebijakan petinggi Polda Sumut bila keadaan seperti ini terus terjadi, padahal jelas dalam undang-undang pers no. 40 tahun 1999 ada sanksi bagi siapapun yang menghalang- halangi tugas jurnalistik dapat diproses hukum" jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi menyampaikan bahwa kegiatan Sertijab berjalan singkat dan sederhana dan meminta wartawan harus menghargai pengamanan yang merupakan kegiatan internal Polda Sumut.

" Ini sertijab singkat dan sederhana, tidak ada acara apapun kita menghormati anggota yan berpuasa Ramadhan, Wartawan harus bisa menghargai itu, Bidang humas tidak merilis secara resmi tapi membenarkan pelaksaan sertijab itu, Sudah tugasnya Propam terkait pengamanan kegiatan internal Polda" ungkap Hadi menjawab wartawan.

Diketahui, Kapolda Sumut, Irjen Drs RZ Panca Putra S MSi, memimpin langsung serah terima jabatan (Sertijab) Direktur (Dir) Narkoba dan Dir Krimum (Kriminal Umum) Polda Sumut.

Sertijab yang juga sekaligus pelantikan Dir Krimsus (Kriminal Khusus) ini dilakukan Kapolda Sumut di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Senin (27/3/2023) sore. 

Sertijab sekaligus pelantikan tersebut turut didampingi Wakapolda Sumut, Brigjend Pol Drs Jawari SH MH.

Turut hadir pejabat utama (PJU) Polda Sumut, Kapolrestabes Medan, Kombes Valentino Alfa Tatareda, sejumlah Kapolres sejajaran Polda Sumut, ASN Polda Sumut serta para perwira dan bintara Polda Sumut. 

Adapun Dir Krimsus dijabat oleh Kombes Tedi Marbun, yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Wisjnu. Dir Krimum yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, kini dijabat oleh Kombes Sumayono.

Sedangkan Dir Narkoba yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Wisjnu, kini dijabat oleh Kombes Yemi Mandagi.

Reporter   :   Reza Nasti

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment