News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yonkav 9/SDK BRIGKAV 1/LA DAM JAYA Panen Ketahanan Pangan Bersama Masyarakat.

Yonkav 9/SDK BRIGKAV 1/LA DAM JAYA Panen Ketahanan Pangan Bersama Masyarakat.

 
 Mediapertiwi,id,Tangerang Raya-Alhamdulillah akhir pekan ini, kami dapat melaksanakan panen ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh YONKAV 9/SDK BRIGKAV 1/LA DAM JAYA bersama komponen masyarakat sekitar Kebon Han pangan Yonkav 9/SDK di lahan Yayasan Tarumanegara atau UNTAR seluas +/- 1 hektar. Kami panen jagung, sayur dan ikan lele, Ujar Lettu Kav. Achmad Munir Ritonga saat ditemui para awak media dari FWJI (Forum Wartawan Jaya Indonesia), KWRI (Koalisi Wartawan Ranking Indonesia) dan ASWAPI (Asosiasi Suara Wartawan Independen Peduli Indonesia).

Wadanyon 9/SDK - Mayor Kav. Ari Prakoso Wijayanto S. Sos menambahkan bahwa program ketahanan pangan menjadi salah satu program utama pemerintah  Indonesia. Bukan hanya ketahanan dan keamanan wilayah serta kedaulatan NKRI secara fisik tapi ketahanan pangan juga merupakan ketahanan nasional yang perlu dipelihara dan terus kita perjuangkan.

Pada hari sabtu tanggal 25 Februari 2023 ini, Kami melaksanakan panen ketahanan pangan tepat di kawasan lahan milik Yayasan Tarumanegara (UNTAR) yang beralamat di Kampung Cibogo Kulon, Kelapa Dua - Kabupaten Tangerang, Banten. 

Alhamdulilah semua hadir dalam acara panen ketahanan pangan ini mulai dari masyarakat setempat, Ketua RT / RW, Perwakilan Lurah beserta perwakilan dari Camat. Dan secara Khusus hadir pula Komandan Brigade Kavaleri 1/Limpung Alugoro - Letkol Kav Nanak Yuliana, S.E, M.M, Komandan Batalyon Kavaleri 9/SDK - Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han, Danramil 02 Curug - Kapten Arh Mulyono, Kapolsek Kelapa Dua yg diwakili Bhabinkamtibmas Aiptu Agus Winarno dan Ketua Persit KCK Cabang XIII Brigkav 1/LA PD Jaya - Ibu Dwiyanti Nanak Yuliana, Ketua Persit KCK Ranting 3 Cab XIII Brigkav 1/LA PD jaya - Ibu Nana Aidil Hajri beserta para Pengurus persit KCK ranting 3 cab XIII Brigkav 1/LA PD Jaya. 

Dalam acara panen ketahanan pangan ini,  Komandan Batalyon Kavaleri 9/SDK - Letkol Kav. Aidil Hari, M. Han dan Komandan Brigade  Kavaleri 1/Limpung Alugoro - Letkol Kav Nanak Yuliana, S.E, M.M menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk penerapan tugas TNI dalam mendukung program pemerintah, terutama dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. 

Program ketahanan pangan memiliki tujuan khusus agar masyarakat dan  bangsa indonesia pada umumnya dapat memiliki ketahanan terhadap kondisi pangan, yang masih menjadi salah satu permasalahan atau persoalan dalam masyarakat Indonesia secara nasional saat ini bahkan dunia internasional,  dimana masih ada kelompok masyarakat yang belum bisa menikmati pangan dengan baik. Hal ini merupakan salah satu upaya dari Yonkav 9/SDK untuk menyukseskan program dari TNI AD maupun dari pemerintah. Kemudian di sisi lain, hal ini juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk saling bersinergi memanfaatkan lahan - lahan tidur di sekitar menjadi lahan yang lebih produktif dan lebih bermanfaat untuk digunakan sebagai lahan penanaman atau lahan bercocok tanam yang tujuannya untuk mendukung ketahanan pangan keluarga dan lingkungan sekitar kita khususnya maupun ketahanan nasional secara umum. 

Hal ini perlu dilakukan mengingat ke depan masalah pangan ini akan menjadi salah satu problem atau persoalan yang perlu kita diselesaikan bersama karena masih banyak masyarakat Indonesia yang akan terdampak krisis global dan krisis iklim yang mengakibatkan kekurangan bahan pangan. Untuk itu Yonkav 9/SDK bersinergi dengan Yayasan Tarumanegara atau UNTAR  untuk menjadikan tempatnya sbg lahan yang dapat dipergunakan dalam mendukung program ketahanan pangan. Program Ketahanan Pangan ini tidak hanya meliputi bercocok tanam pertanian, tapi juga melakukan pengembangan budidaya perikanan dan peternakan. 

Acara pembukaan panen ketahanan pangan selesai dan dilanjutkan dengan acara panen jagung dan lele  yang dimotori langsung oleh Komandan Brigade Kavaleri 1/Limpung Alugoro - Letkol Kav Nanak Yuliana,S.E, M.M, Komandan Batalyon Kavaleri 9/SDK - Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han. Dan Acara ditutup dengan ramah tamah serta makan siang bersama  masyarakat dan awak media.(R, adg). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment