News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Olah Sampah Jadi Berkah Lingkungan Bersih Indah & Manfaat (Beriman) Bersama Bank Sampah Bardata Jakarta Pusat

Olah Sampah Jadi Berkah Lingkungan Bersih Indah & Manfaat (Beriman) Bersama Bank Sampah Bardata Jakarta Pusat

Mediapertiwi,id.Jakarta-Berawal dari kepedulian seorang yang bernama Biryus Bardata terhadap lingkungan hidup di wilayah Tanah Abang yang bersih, indah, manfaat aman dan nyaman. Saye Biryus Bardata anak betawi asli yang brojol lahirnye di Kebon Pale - Tenabang tahun 1973, cuma seorang tukang sop betawi yang mangkal di depan blok A, ucap Bardata saat awal bertemu  dan memperkenalkan diri kepada awak media dengan logat betawi Tenabang. 

Perjalanan ane dari dulu sampe sekarang yang begini - begini aje, g mau berlebihan dalam arti kate saya tampil apa adanya bermasyarakat dan bergaul sama siapa saja, sampai ane dianggap jadi salah satu tokoh masyarakat disekitar wilayah Tenabang, bukan maunye ane tapi mungkin amanah dari Alloh untuk nerusin perjuangan babe ane buat jage dan rawatin wilayah Tenabang, ujar Bardata sambil menawarkan sop betawi asli Tenabang di warung betawinye kepada awak media ( Jum'at, 27 Januari 2023 ) lalu. 

Ya ini Alhamdulillah hari ini ane kedatengan ente tamu Alloh dan tamu ane juga, kata Bardata. Ane sekarang didatengin dan mau diwawancara ame ente nich wartawan di warung ane, seneng banget rasenye jadi bisa sekalian promosi warung sop betawi ane biar viral dan lebih dikenal lagi ame orang banyak, becandaan Bardata. Nah sekarang ente nikmatin dulu ye sop betawinye, ntar kalo udah kelar baru kite jalan - jalan ke bank sampah Bardata Beriman di PD. Pasar Jaya dan ke pertemuan rapat bank sampah Bardata Beriman sambil wawancara sama ane, khan jadi resep udeh pade makan sop betawinye dan bisa jadi promosi sop buatannye warung sop betawi ane, sambil senyum - senyum mempersilakan awak media menikmati sajian sop betawi warung Bardata yang telah terhidang. 

Selesai menikmati sop betawi di warung Bardata, awak media diajak melihat bank sampah Bardata Beriman dan lanjut mengikuti Bardata ke pertemuan rapat para pendiri bank sampah Bardata Beriman bersama Ripin Beriman dan perwakilan dari organisasi media / jurnalis di Monarki Coffee, Kebon Pala - Tanah Abang. Ini ane ajak ente, biar ente ngerti perjalanan bahwa ane bukan sendirian tapi saling berharmoni bersinergi dan berkolaborasi dengan rekan - rekan lainnye, enti ente wawancara juga ye, rekan - rekan lingkungan hidup ane sambil kite ngopi - ngopi di Monarki Coffee biar kayak orang bener, ujar Bardata ke awak media sambil ketawa. 

Sesampainya di Monarki Coffee awak media diperkenal kepada semua rekan - rekan Bardata yang hadir dalam pertemuan rapat, antara lain : Nijar, Anang, Arif, Supriadi, Muhamad Lutfi dan Ade Gunawan. Nah ini rekan / partner kerja ane semuanye.  Ini juga wartawan nich kata Bardata, Ade Botak alias Ade Gunawan ame ini Lutfi Pendiri Bank Sampah Ripin Beriman dari Jagakarsa, Srengseng Sawah - Jaksel dan yang lain rekan - rekan lainye semuanye temen maen ane, tambah Bardata. 

Pertemuan rapat berlangsung mulai jam 14.30 wib dan pertemuan rapat sangat hangat dan kental dengan rasa kekeluargaan dalam harmoni keakraban. Semua awak media diajak ikut serta dalam pertemuan rapat secara terbuka, pertemuan membahas sinergi kolaborasi Bank Sampah Bardata Beriman. Tujuan Bardata mengajak awak media adalah agar awak media dapat informasi langsung yang berimbang, valid dan dapat dipertanggungjawabkan alias tidak hoax. Pertemuan rapat khusus membahas kemajuan dan strategi sinergi kolaborasi bank sampah Bardata Beriman yang bekerja sama dengan PD. Pasar Jaya Tanah Abang dan didukung oleh pemerintah wilayah setempat khususnya mulai dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan Tanah Abang sampai Kedinasan Lingkungan Hidup wilayah DKI Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan Bardata mempersilakan awak media untuk juga andil berkesempatan ikut berkomentar, memberikan saran dan masukan. Pertemuan pun selesai dan Bardata mempersilakan awak media bertemu dan berbincang khusus bersama Pendiri Ripin Beriman - M. Lutfi dan perwakilan aktivis masyarakat / organisasi jurnalis & media - Ade Gunawan yang merupakan bagian dari pendiri Bank Sampah Bardata Beriman - Tanah Abang. 

Lutfi menyampaikan bahwa dia tertarik bekerjasama dengan Bardata dan rekan dijembatani awal oleh Ade Gunawan Aktivis lingkungan hidup yang juga berprofesi sebagai wartawan / aktivis masyarakat media perwakilan dari beberapa organisasi jurnalis / media. Bertemu, kenal dan bisa bekerja sama dengan sosok seorang Bardata dan rekannya merupakan anugerah berkah saya, dimana Bardata dan rekan - rekan merupakan tokoh masyarakat yang aktif memperhatikan lingkungan hidup di wilayahnya yaitu Tanah Abang yang sekaligus jadi contoh panutan yang sangat dihargai di wilayah Tanah Abang. Saya sendiri seorang pengusaha atau pebisnis yang domainkan profesional saya di bidang IT ( informasi teknologi ) yang tertarik dalam lingkungan hidup khususnya bisnis pengolahan / daur ulang sampah, tegas Lutfi. 

Lutfi menambahkan sesuai profesi saya sebagai pengusaha IT & Development Sistem Digital menginformasikan bahwa dunia digital dan informasi teknologi terus akan berkembang  pesat dan pengolahan / daur ulang sampah juga harus berkembang baik dengan didukung dengan sistem digital untuk bisa mengikuti perkembangan pesat kemajuan dunia informasi teknologi. Pengolahan / daur ulang sampah menjadi tantangan dan peluangan bisnis yang sangat menarik bagi saya hingga saya mau berinvestasi khusus di bank sampah Ripin Beriman, bank sampah Bardata Beriman dan investasi saya akan terus saya kembangkan lagi, salah satunya bekerjasama dgn Ade Gunawan - aktivis masyarakat media untuk program Wartawan Bank Sampah Beriman. Saya beruntung dapat bertemu dan bekerja sama dalam satu project pengolahan / daur ulang sampah  bank sampah Bardata Beriman yang bersinergi kolaborasi dengan PD. Pasar Jaya dan Pemerintah setempat di wilayah Tanah Abang. Contoh sistem Bank Sampah digital dengan Informasi Teknologi yang saya buat bisa dicari dan dilihat di google atau link websitenya bank sampah ripinberiman.id ( https://ripinberiman.id/ ) 

Ade Gunawan - Aktivis masyarakat media perwakilan organisasi jurnalis / media lebih mengulas pentingnya peran media menyampaikan dan mensosialisasikan pengolahan / daur ulang sampah yang berkelanjutan secara masif oleh media massa  dan semua sosialisasinya harus dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita termasuk kita para wartawan / jurnalis / aktivis masyarakat media. Perlu kita bersama ingat bahwa kita semua manusia yang merupakan sumber penghasil sampah, jadi kesadaran hidup bersih sehat indah nyaman aman dan manfaat harus dibangun dan disupport oleh media, ujar Ade Gunawan. Disitulah kenapa saya terus mendorong hal tersebut pada tiap forum atau organisasi masyarakat jurnalis / wartawan maupun media , agar media bisa mengambil perannya  bekerjasama mensosialisasikan informasi pengolahan / daur ulang sampah lewat pemberitaan media massa dengan dan bekerjasama dengan siapapun untuk terciptanya pengolahan / daur ulang yang baik, terintegrasi dan bermanfaat sebagai sirkular ekonomi yang juga bisa mendorong kemajuan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

Akhir pertemuan Bardata dan rekan - rekan meminta awak media mendokumentasikan foto dan video yang berslogan " Bardata Beriman - Bersih Indah Manfaat " dan Bardata Mengajak para awak media tidak bosan untuk bersilaturahmi dan ngopi - ngopi bersama bank sampah Bardata Beriman, Ngopi  - ngopi kite ya alias ngobyek sambil happy - happy (Ngopi 1) , ngolah projek impian (Ngopi 2) olah daur ulang sampah jadi berkah, Ane seneng dan sangat bersyukur bisa bekerjasama sama rekan - rekan semua yang bener - bener profesional seperti Bang Lutfi dari Ripin Beriman dan rekan lainnya ape lagi sama media tutup Bardata. (R.adg). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment