News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Masyarakat Berharap Pembangunan Pasar Tempe Cepat Selasai Dan Mutu Pekerjaan Sesuai RAB

Masyarakat Berharap Pembangunan Pasar Tempe Cepat Selasai Dan Mutu Pekerjaan Sesuai RAB

 
Mediapertiwi,id.wajo-sulsel-Masyarakat Kabupaten Wajo khsusunya warga Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo Sulsel berharap agar lanjutan pembangunan pasar Tempe tersebut dapat sesuai dengan harapan agar bisa nantinya bermanfaat dan difungsikan.

Tak hanya itu masyarkat pun meminta pihak rekanan pelaksana rekanan pembangunan pasar Tempe agar bekerja sesuai dengan apa yang tertuang dalam kontrak RAB pekerjaan agar mutu dan kwalitas pekerjaan sesuai yang diharapkan. Harapan masyarakat tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya dari pembangunan proyek pasar Tempe ini sebelumnya sempat menuai sejumlah kritikan dan masalah hingga akhirnya menjadi mangkrak dan dihentikan, sejumlah hasil audit temuan pun dari pihak BPKP mulai dari soal pemasangan sejumlah tiang hingga pembesian yang dinilai tidak sesuai sehingga untuk pembangunan lanjutan 

Proyek pekerjaan sekarang direkomendasikan untuk diadakan pembongkaran sejumlah titik.Hal tersebut diungkapkan oleh satu warga Tempe  Andi Baso Syamsualam kepada awak media Rabu 11/01/2023.

Sekretaris Dinas Perindagkop dan UKM Muhammad Tahir Tajang sebelumnya mengungkapkan kalau terkait pembangunan Pasar Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dilanjutkan lagi setelah sebelumnya sempat disetop karena ada temuan BPKP. Pembangunan pasar dengan anggaran Rp 41,2 miliar ini ditargetkan rampung pada Mei 2023 mendatang.

"Pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) telah melakukan pemutusan kontrak dengan penyedia sebelumnya berdasarkan hasil audit BPKP. Dan tahun ini telah dilakukan lelang ulang untuk melanjutkan pembangunan dengan anggaran Rp 41,2 miliar,". Katanya

Tahir menyebut pemutusan kontrak diketahuinya melalui surat yang dikirimkan oleh Kementerian PUPR melalui Kepala Balai Prasarana Wilayah Sulsel. Keputusan itu kewenangan penuh dari Kementerian PUPR

Pembangunan Pasar Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan dilanjutkan lagi setelah sebelumnya sempat disetop karena ada temuan BPKP. Pembangunan pasar dengan anggaran Rp 41,2 miliar ini ditargetkan rampung pada Mei 2023 mendatang.

"Pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) telah melakukan pemutusan kontrak dengan penyedia sebelumnya berdasarkan hasil audit BPKP. Dan tahun ini telah dilakukan lelang ulang untuk melanjutkan pembangunan dengan anggaran Rp 41,2 miliar," kata Sekretaris Dinas Perindagkop dan UKM Muhammad Tahir Tajang kepada detikSulsel Rabu (31/8/2022).

Tahir menyebut pemutusan kontrak diketahuinya melalui surat yang dikirimkan oleh Kementerian PUPR melalui Kepala Balai Prasarana Wilayah Sulsel. Keputusan itu kewenangan penuh dari Kementerian PUPR.

Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja (Satker) Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan telah bertemu Bupati Wajo, Amran Mahmud beberapa waktu lalu, dan memastikan kelanjutan proyek ini

Kita sudah lakukan tender ulang, dan tender untuk lanjutan pembangunan Pasar Tempe ini akan dikerjakan oleh PT. Djasa Ubersakti dengan nilai kontrak Rp41,2 miliar. Adapun kontraknya multiyears dan berakhir pada bulan Mei 2023 tahun depan," sebut PPK Satker BPPW Reno Bayuaji.

Disinggung soal adanya beberapa rekomendasi yang sebelumnya menjadi temuan pihak BPKP untuk dilakukan penggantian ataupun untuk dilakukan sejumlah pembongkaran terhadap sejumlah titik tiang dan pembesian, Reno Bayuaji masih enggang memberikan komentar tanggapan terlalu jauh.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud menyampaikan rasa syukur atas dilanjutkannya pembangunan Pasar Tempe ini. Ia mengaku bahwa beberapa waktu yang lalu, dirinya telah menemui Kepala BPPW Sulsel di Makassar.

“Memang Bapak Kepala Balai menjanjikan akan segera melanjutkan pembangunan dalam waktu dekat. Alhamdulillah, kita bersyukur sudah dimulai pembangunan Pasar Tempe kembali," ujarnya.

Amran Mahmud pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atas pembangunan Pasar Tempe ini melalui BPPW Sulsel.

Begitu juga kepada Kementerian Perdagangan atas rekomendasi untuk pembangunannya, serta seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung pembangunan Pasar ini.

"Secara khusus kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras dan Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B. Kady atas bantuannya mengaspirasikan dan memperjuangkan pembangunan Pasar Tempe ini," jelasnya.

Amran Mahmud pun meminta kepada seluruh masyarakat dan jajaran Pemkab Wajo untuk turut mendukung pembangunan Pasar Tempe ini. "Kita berharap, melalui Pasar Tempe ini nantinya akan bida dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekaligus mendukung upaya pemulihan dan pembangunan perekonomian Kabupaten Wajo," pungkasnya.(R.ae). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment