News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Yayasan Dalang Daur Ulang Sinergi Indonesia Hadir SILATNAS ke lll PERBANUSA Tahun 2022 di Subang, Jawa Barat

Yayasan Dalang Daur Ulang Sinergi Indonesia Hadir SILATNAS ke lll PERBANUSA Tahun 2022 di Subang, Jawa Barat

 

Mediapertiwi,co.id.(Subang-Jabar)-Sampah & Limbah adalah sesuatu produk yang rutin diproduksi oleh semua manusia. Mulai dari sampah hati + sampah pemikiran / mindset / pola pikir sampai sampah fisik, ya manusia sampah, ujar Ade Gunawan - Ketua Umum Yayasan Dalang Daur Ulang Sinergi Indonesia kepada awak media FWJ Indonesia. 

Alhamdulillah, PERBANUSA berinisiatif mendorong dan mengadakan action tahunannya dalam acara silaturahmi nasional PERBANUSA ke 3 ini dan saya bisa jadi salah satu partisipannya dari total peserta dan undangan yang hadir dalam acara kira - kira sekitar +/- 800 orang peserta dari seluruh perwakilan daerah di Indonesia. Hal silaturahmi ini sangat penting dan utama dari semua permasalahan manusia yang ada, ya silaturahmi selalu membawa keberkahan kepada siapapun yang melakukannya. Karena dengan silaturahmi inilah merupakan solusi dari semua permasalahan dapat dipecahkan dan diselesaikan, tambah Ade Gunawan. 

Saya sebagai Ketua Yayasan Dalang Daur Ulang Sinergi Indonesia melihat permasalahan sampah di Indonesia dengan sudut pandangnya bahwa permasalahan yang sangat mudah diselesaikan dengan syarat tentunya, yaitu setiap sumber daya manusia di Indonesia harus paham dan melaksanakan PANCASILA terutama kepercayaannya kepada TUHAN YANG MAHA ESA dan diteruskan dengan sila - sila berikutnya sesuai yang tercantum pada dasar negara kita. Paham, mengerti dan mau melaksanakannya dalam kesehariannya. 

Apa hubungannya sampah dengan PANCASILA, ya sangat berhubungan, ulas Ade Gunawan. Pertama dicantumkan pada sila ke 1 - Ketuhanan Yang Maha Esa berarti percaya akan adanya Tuhan dan berarti manusianya pasti beragama. Bila manusianya beragama maka ia paham, tahu dan mengerti bahwa setiap agama mengajarkan tentang kebaikan salah satunya terkait dengan kebersihan dilanjut dengan kesehatan dan tata cara hidup berkehidupan manusia sesuai dengan ajaran agamanya untuk menjadi manusia yang menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Intinya manusia yang bertuhan pasti hidupnya akan baik dalam mengurus sampah yang dihasilkan oleh diri dan keluarganya. 

Sila ke 2 - kemanusiaan yang beradab, ya jelas manusianya pasti beradab sesuai sila ke 1 di atas yaitu paham, tahu, mengerti dan melaksanakan adab kebaikan kepada siapapun dan apapun termasuk sampah. Sampah itu masalah adab manusia. Jelas - jelas kalau setiap sumber daya manusia Indonesia beradab pasti dia mengurus sampah yang dihasilkan diri dan keluarganya dengan baik agar tidak mengganggu manusia lainnya dan alam lingkungan sekitarnya. 

Sila ke 3 - Persatuan Indonesia, ya kita harus bersatu dalam semua pemahaman, pengetahuan, pengalaman & pelaksanaan penanganan terkait sampah mulai dari dirinya, keluarganya lingkungan sekitarnya dan terus ke seluruh tempat di Indonesia. Semua sumber daya manusia Indonesia bersatu menangani sampah dari diri, keluarga dan rumahnya. 


Sila ke 4 - Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam kemusyawaratan / perwakilan, berarti apa maknanya. Penanggulangan sampah ini harus dipimpin berarti harus ada pemimpinnya, mulai dari pemimpin / kepala keluarga s.d pemimpin negara harus bijak dalam menangani sampahnya dengan deregulasi / aturan yang dimusyawarahkan, disepakati, jelas tanggung jawabnya untuk dipatuhi dan dijalankan oleh setiap orang. Disini harus ada hukum yang berlaku, aturan / deregulasi dari pimpinan tertinggi yang mewakili dan dipercaya oleh semua rakyat seperti Presiden dan MPR / DPR. Jelas banget ini menurut saya, kata Ketua Yayasan Dalang Daur Ulang Sinergi Indonesia - Ade Gunawan. 

Nach baru Sila yang ke 5 - Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dari penanganan sampah yang baik dan berkeadilan maka ada akan terbangun kesejahteraan dan kemakmuran utk seluruh rakyat Indonesia, karena sebenarnya semua yang saat ini disebut dengan sampah bukanlah sampah, tapi merupakan sumber daya dan bahan baku yang bisa menghasilkan pundi - pundi ekonomi yang bernilai bahkan saya berani menyatakan bahwa sampah kita kalau ditangani dengan baik dan benar dan mampu menghasilkan produk - produk baru yang bernilai tambah ekonomi yang sangat signifikan bahkan hasil pengelolaan sampah tersebut bisa untuk bayar utang negara, tegas Ade Gunawan. 

Jadi dalam silatnas ke 3 PERBANUSA yang dilakukan pada tanggal 05 s.d 06 Desember 2022 di subang ini sangat luar biasa dan sukses terselenggara dengan baik, yang telah berhasil menyatukan  silaturahmi semua penggiat lingkungan / pengelola daur ulang sampah dari berbagai komunitas / organisasi dari seluruh Indonesia dan acara silatnas ke 3 ini mampu mengimplementasikan pengelolaan daur ulang sampah yang baik sebagai salah satu bentuk pengamalan PANCASILA dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia. Tapi kita sebagai manusia juga harus mengakui bahwa ketidak sempurnaan kita dimana dalam penyelenggaraan acara silatnas ke 3 ini juga tidak luput dari kesalahan, kekhilafan, kekurangan dan ada ketidakberkenanan dari semua para undangan maupun peserta.

Saya, Ade Gunawan sebagai ketua umum Yayasan Dalang Daur Ulang Sinergi Indonesia mengucapkan selamat  sukses dan salut kepada seluruh panitia penyelenggara dan para peserta serta para undangan yang telah melaksanakan acara silatnas ke 3 PERBANUSA ini dengan baik. Semoga hasil pertemuan ini mampu mendorong dan teraplikasikan menjadi  salah satu solusi penanganan pengolahan daur ulang sampah terbaik di seluruh wilayah dan daerah di Indonesia. Dan akhirnya Indonesia dapat mewujudkan negara yang mampu mengelola sampah nasional, Indonesia jadi negara bebas sampah dan Indonesia Kaya Maju Mandiri Modern dengan mengelola daur ulang sampahnya menjadi satu - satunya negara yang mampu mewujudkan teknologi terbarukan dari pengelolaan daur ulang sampahnya. Indonesia terwujud nyata menjadi negara yang tingkat kesejahteraan dan kemakmuran rakyat nya baik khusus Indonesia mampu berperan dalam ikut serta menangani krisis dunia sesuai hasil G20, Indonesia satu - satunya negara yang kuat menghadapi krisis perubahan iklim dan krisis pangan, Dari sampah kita kelola daur ulang yang baik, Kita adalah Indonesia yang luar biasa, tutup Ade Gunawan sambil mengajak para awak media FWJI (Forum Wartawan Jaya Indonesia) menikmati hidangan kopi dan aneka makan yang tersaji.(r,ag.fjw). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment