News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Police Art Festival Wujud Polri Berkolaborasi Seniman

Police Art Festival Wujud Polri Berkolaborasi Seniman

 Mediapertiwi,co.id.Jakarta-Mengusung tema “Menciptakan Lingkungan Masyarakat Inklusif, Aman, dan Ramah Disabilitas”, Police Art Festival kembali mengajak para seniman untuk berpartisipasi dalam menggambar mural untuk mengekspresikan pesan, kritik, dan saran kepada Kepolisian Republik Indonesia. Sebelumnya kegiatan sejenis pernah diadakan tahun lalu bertajuk Bhayangkara Mural Festival 2021.

“Tahun ini dalam rangka Hari Disabilitas Nasional, kami mengajak teman-teman disabilitas untuk ikut serta menggambar mural,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat membuka acara.

Dedi, yang saat itu mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengatakan, Polri berupaya menggelar event untuk masyarakat yang adil dan ramah kepada disabilitas. “Polri berusaha memberikan wadah bagi Seniman untuk semangat berkolaborasi.”

Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kata Dedi, membuka ruang publik untuk masyarakat bisa memberikan kritikan. “Musisi jalanan juga bisa mengkritisi kita. Kami membuka ruang juga untuk generasi milenial dalam mengekspresikan melalui video atau vlog.”

Menurut Dedi, kegiatan tidak berhenti di tahun ini. Tahun depan Polri dan Tempo Media sepakat akan membuat kegiatan yang lebih kompleks lagi. “Yang belum beruntung ikut berpartisipasi tahun ini bisa ikut di tahun depan.”

Dedi pun mengucapkan terimakasih kepada para seniman yang telah berpartisipasi di Police Art Festival. “Terimakasih telah menghasilkan karya yang lebih baik dan menginspirasi.”

Direktur Utama PT Tempo Inti Media Arif Zulkifli menuturkan, Police Art Festival adalah kegiatan tahunan yang kini masuk tahun kedua. Awalnya kegiatan ini digagas Kapolri Listyo Sigit Prabowo dikarenakan terdapat respons negatif terhadap salah satu mural saat itu.

Sumber:Humas Polri

“Mula-mula peserta kurang banyak, namun dengan sinergi yang baik dan tim Tempo memiliki jaringan menambah peserta menjadi 700-an,” kata dia.

Keraguan untuk mengangkat kritikan dalam bentuk mural, kata Arif, juga sempat muncul. Namun, Kapolri justru mempersilakan menggambar mural yang sifatnya kritik membangun.

Police Art Festival diikuti oleh Seniman difabel, Seniman jalanan, serta perwakilan dari berbagai Polda. Total terdapat 45 tim yang terlibat, terdiri atas 10 Tim Polda, 15 tim Seniman difabel, dan serta 20 tim seniman jalanan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment