News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kodam Kasuari Tampilkan Pasukan Tradisional Saat HUT Infanteri Di Yonif 761/KA

Kodam Kasuari Tampilkan Pasukan Tradisional Saat HUT Infanteri Di Yonif 761/KA

 
Mediapertiwi,co.id.Manokwari-Kodam XVIII/Kasuari peringati Hari Infanteri ke 74 Tahun 2022 secara sederhana di Batalyon Infanteri (Yonif) 761/Kibibor Akinting (KA), Distrik Warmare, Manokwari, Papua Barat, Senin (19/12/2022).

Dalam upacara yang dipimpin langsung oleh Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, di tampilkan pasukan "tradisional" memakai seragam dan menirukan gerakan pasukan yang digambarkan sebagai pejuang-pejuang terdahulu dengan membawa bendera merah putih yang di akhiri dengan meminum dan pembelahan dengan kelapa muda  yang diiringi dengan letusan senapan LE oleh pasukan tradisional. Upacara di akhiri pembacaan Amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman dan pengucapan Ikrar Korp Prajurit Infanteri serta penyerahan simbol dan penyerahan duplikat Bendera Yudha Wastu Parmuka dan duplikat Pataka Kodam XVIII/Kasuari.

Komandan Pussenif (Danpussenif), Letnan Jenderal TNI Arif Rahman, M.A. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasdam menyampaikan latar belakang historis lahirnya hari infanteri tidak terlepas dari keberhasilan perang gerilya di bawah Komando Panglima Besar Jenderal Sudirman. 

“Berdasarkan keputusan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang tertuang dalam Perintah Kilat No 1/PB/D/48 tanggal 19 Desember 1948, perang gerilya dilaksanakan oleh angkatan perang yang didukung penuh oleh rakyat ditiap-tiap kantong perlawanan (Wehrkreise),” ucapnya.

Ia menambahkan, Panglima Besar Jenderal Sudirman memimpin langsung para pejuang saat melawan Belanda dengan menggunakan senjata tradisional dan perlengkapan perang yang terbatas.

“Para pejuang kita mampu mengatasi Tentara Belanda yang sudah memiliki senjata modern, metode perlawanan yang diterapkan yaitu serbu dan lari (Hit And Run) berasal dari basis gerilya yang tidak mengenal waktu operasi, para pejuang melakukan penyerangan ke pos-pos yang dijaga belanda atau saat konvoi,” tuturnya.

Taktik tersebut membuat Belanda bingung dan kewalahan karena melakukan penyerangan tiba-tiba. 

“Strategi dan taktik tersebut membuat pasukan Belanda lemah dan kalah, sehingga mereka terpaksa mundur. Dari peristiwa tersebut, kita bisa mengambil nilai-nilai berupa jiwa nasionalisme, cinta tanah air, rela berjuang, pantang menyerah dan manunggal dengan rakyat. nilai-nilai tersebut harus selalu terpatri dalam jiwa dan sikap serta perilaku setiap prajurit korps Infanteri,” ungkapnya.

Diakhir Danpussenif menginstruksikan agar seluruh prajurit Korps Infanteri mampu menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya, selain itu untuk selalu berdiri kokoh di atas pondasi jati diri prajurit sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Profesional, selain itu tingkatkan semangat jiwa korsa yang positif, namun jangan sampai terjebak dalam jiwa korsa yang sempit.

“Tema Hari Infanteri ke-74 ini yaitu “Infanteri Yang Modern Dan Selalu Di Hati Rakyat” adalah sangat tepat dan patut dijadikan pedoman dan arah bagi prajurit Korps Infanteri dalam mengemban tugas di masa yang akan datang,” kata Danpussenif dalam amanatnya.

Ikut dalam kegiatan ini, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, para prajurit Kodam baik Perwira, Bintara dan Tamtama yang memiliki Korps Infanteri, pejabat dan personel Brimob Polda Papua Barat serta para pengurus Persit PD XVIII/Kasuari.(R, PendamXVIII.K). 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment