News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lintas Tokoh Hadiri Tudang Sipulung Hari Jadi Wajo ke-623, Dari Rektor, Pengusaha hingga Walikota

Lintas Tokoh Hadiri Tudang Sipulung Hari Jadi Wajo ke-623, Dari Rektor, Pengusaha hingga Walikota

 

Mediapertiwi,co,id.(wajo-sulsel)-Deretan tokoh hadir dalam tudang sipulung dalam rangka peringatan Hari Jadi Wajo (HJW) ke-623 di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Calaccu, Kota Sengkang, Senin (28/3/2022) malam. Bupati dan Wakil Bupati, Amran Mahmud-Amran, mendapat banyak apresiasi pada kesempatan ini.

Pasangan kepala daerah dengan sebutan Duo Amran dinilai mampu membangun Bumi Lamaddukelleng mesti di tengah hantaman pandemi COVID-19. Itu salah satunya terlihat dari pertumbuhan ekonomi selama dua tahun awal pandemi. Pada 2020 mengalami penurunan menjadi minus 1,17 persen, tetapi kemudian berhasil tumbuh menjadi 6,77 persen.

Hal itupun mendapat apresiasi tokoh masyarakat, perantau, akademisi, dan birokrat sukses yang selama ini bermukim di luar Wajo. Salah satunya Rektor Institut STIAMI, Wahyuddin Latunreng. "Apresiasi buat Dua Amran dengan 25 program kerjanya. Ini terus jalan dan harus kita dukung. Karena itu, Anda harus memikirkan dua periode. Tidak boleh satu periode dan harus Amran pangkat dua," ujar Latunrung.

Pujian juga datang dari Wali Kota Tanjung Pinang, Rahma. Wali kota perempuan yang merupakan putri asli daerah asal Kecamatan Tanasitolo ini mengakui bahwa Amran Mahmud merupakan sosok kepala daerah sangat populer di Indonesia. "Saya belum pernah berjumpa kepala daerah yang sangat terkenal namanya di luar. Terima kasih Pak Bupati telah mengundang saya hadir di HJW ke-623," ucapnya.

Rahma mengakui, tidak mudah mengelola pemerintahan, khususnya di masa pandemi. Dia pun angkat jempol untuk sepak terjang Duo Amran. "Kita harus tahan banting dan tangguh karena belum pernah ada bupati/wali kota yang sebelumnya menghadapi COVID-19. Apresiasi dua Amran. Kita doakan selesaikan sampai dua periode," ujarnya.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud, dalam sambutannya mengaku sejak pandemi COVID-19, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus berkurang hampir Rp200 miliar.

"Saya bandingkan sebelum ada COVID-19, selisih anggaran ada sekitar Rp200 M. Artinya, dalam tiga tahun anggaran APBN kita berkurang Rp600 miliar sehingga begitu banyak program yang tidak maksimal," ucapnya.

Namun, kata dia, hal itu tidak menjadi penghalang untuk terus memacu perekonomian dan pembangunan infrastruktur. "Kita berhasil mengangkat kembali ekonomi kita di atas rata-rata provinsi dan rata-rata nasional. Kita berdoa dengan momentum HJW berkat doa kita semua, Wajo kembali bangkit, maju, dan sejahtera lepas dari keterpurukan terutama COVID-19," harapnya.

Wajo dalam Bahasa Korea,Yoo Byoung Chul, Chairman Taeyoung Biotech Co Ltd., sebuah perusahaan mineral resources investment dan biotech energi dari Korea Selatan, menyampaikan arti Wajo dalam bahasa Korea adalah mengundang untuk masuk atau berkunjung.

"Mungkin karena itulah salah satu alasan kami tertarik untuk melakukan pengembangan investasi eco dan bisnis di Kabupaten Wajo," ucap Yoo Byoung Chul yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Robben Rico, menyampaikan bahwa meskipun dirinya baru pertama kali datang, dirinya selalu memantau perkembangan Wajo. "Saya melihat di berbagai media, Bupati Wajo ini sangat gigih dan selalu berupaya untuk menyejahterakan masyarakat Wajo," kata Robben.

Kegiatan ditutup oleh Wakil Bupati, Amran, yang menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua undangan. "Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika sekiranya terdapat hal-hal yang kurang berkenan dalam pelaksanaan kegiatan ini," tutur Amran.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penadatangan Perjanjian Kerjasama oleh PT. Wajo Energi Jaya dengan Taeyoung Biotech Co. Ltd, Penyerahan Santunan BPJS Ketenagakerjaan, Penyerahan Bantuan Ruang PATEN dan 150 pasangan baru listrik untuk masyarakat kurang mampu dari PT. Energy Equity Epic Sengkang Pty. Ltd, cinderamata dari Walikota Tanjung Pinang dan sejumlah rangkaian kegiatan lainnya.(red,hpw). 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment