News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bupati Wajo, Amran Mahmud Launching Buletin Ade'Pangampe Karya Yayasan Budaya Wajo

Bupati Wajo, Amran Mahmud Launching Buletin Ade'Pangampe Karya Yayasan Budaya Wajo

 

Bupati Wajo, Amran Mahmud melaunching Buletin Ade' Pangampe. Buletin ini adalah karya persembahan dari Yayasan Budaya Wajo yang sudah memasuki usia ke 3 tahun.

Launching tersebut sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Milad ke-3 Yayasan Budaya Wajo (YBW) yang digelar di halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Sengkang, Selasa (28/12/2021). 

Ketua DPD PAN Wajo ini menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Budaya Wajo atas kolaborasinya dengan Pemerintah Kabupaten Wajo selama 3 tahun ini.

"Apalagi dengan dilaunchingnya buletin Ade Pangampe diharapkan mampu menggerakkan upaya pelestarian sejarah dan kebudayaan, seperti manuskrip-manuskrip yang dihadirkan kembali dalam bingkai tulisan yang akan menambah wawasan dan pengetahuan akan sejarah dan kebudayaan di Kabupaten Wajo" harapnya.

Amran Mahmud juga menjelaskan bahwa salah satu prioritas ke depannya adalah untuk pengembangan pariwisata, termasuk wisata kebudayaan dan religi. Ini tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak , termasuk Yayasan Budaya Wajo.

"Oleh karena itu kita prioritaskan selama ini pengembangan infrastruktur yang biasa kami populerkan dengan 3 L, Lampu (Listrik), Laleng (Jalan), dan Ledeng (Saluran/Pipa Air)," ungkapnya.

Menurutnya, dengan infrastruktur yang baik akan mendukung pengembangan pariwisata. "Jika jalanan kita bagus, kemudian pariwisata kita kembangkan, maka tentu orang akan ramai berkunjung ke Wajo. Ini akan mengembangkan perekonomian masyarakat kita," jelasnya.

"Saya ucapkan selamat Milad ke-3 kepada Yayasan Budaya Wajo. Semoga tetap eksis dalam membantu pemajuan kebudayaan di Kabupaten Wajo," tutupnya.

Ketua Dewan Pendiri YBW, Prof. Andi Wahyuddin Latunreng menyampaikan bahwa YBW ingin membantu Bapak Bupati dalam berbagai hal, khususnya di bidang kebudayaan.

Rektor STIAMI Jakarta ini melanjutkan bahwa sebentar lagi sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) untuk "Nanre Sokkoreng" dan "Nanre Pucu" (Nasi yang dibuat bentuk kerucut di atas, khas Wajo). 

"Begitu juga nanti kita harus segera urus KIK untuk corak sutera Wajo yang menjadi kebanggan kita bersama. Kita harus bangga memiliki berbagai macam warisan budaya yang harus kita jaga dan pelihara," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kab. Wajo, Sudirman Meru, Guru Besar, Prof. Faisal Halim dan Prof. Syamsiah, Rektor Institut Agama Islam As'adiyah Sengkang, Ketua STIH Lamaddukkelleng Sengkang, Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Direktur PDAM, Ketua TP. PKK Kab. Wajo, Camat dan Kapolsek Tempe, Ketua serta para pengurus YBW dan undangan lainnya.(red,h). 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment