News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pekerjaan Konstruksi Jargas di Wajo menuai berbagai pertanyaan.

Pekerjaan Konstruksi Jargas di Wajo menuai berbagai pertanyaan.

 

Mediapertiwi,co.(wajo sulsel) - Hingga kini Proyek Pekerjaan Jaringan Gas (Jargas) di wilayah Kabupaten Wajo sementara berjalan. Pekerjaan dari Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral pada satker Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan nama tender Pembangunan Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga. 

Proyek  Pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga di Kabupaten Wajo sesuai dengan nama tender proyek tersebut sepaket dengan Kabupaten Banggai (Sulawesi Tengah) yang sumber dananya dari APBN tahun anggaran 2021 dengan nilai pagu paket  Rp 121.078.531.000,00. 

Proyek Jargas yang dimenangkan oleh PT PGAS Solution  dengan alamat Komplek PGN Gedung C Jl. K.H. Zainul Arifin No. 20 - Jakarta Barat (Kota) - DKI Jakarta  adalah anak perusahaan dari  PT Perusahaan Gas Negara Tbk. 

Nilai penawaran Rp 102.686.455.750,00, serta nilai hasil negoisasi Rp 102.686.455.750,00

Untuk Kabupaten Wajo,  Lokasi Pekerjaan Rencana Lokasi Konstruksi Kecamatan Tempe dan Kecamatan Tanasitolo (Sesuai dengn FEED dan DEDC) - Wajo (Kab.), serta Kabupaten Banggai Rencana Lokasi Konstruksi Kecamatan Nambo, Kintom, Batui & Batui Selatan (Selain Exsisting), dan Kecamatan Kintom - Banggai (Kab.) (LPSE ESDM).

Dan sesuai dengan pernyataan dibeberapa media ini berkat Perjuangan salahsatu politisi partai PAN ibu Ir. Andi Yuliani Paris (Anggota Komisi VII DPR RI) dalam rapat kerja penyusunan APBN T.A 2021 membuahkan hasil, Kabupaten wajo mendapatkan tambahan 1.000 Unit Jaringan Gas (JARGAS) Pemasangan Rumah Tangga.

Proyek yang sementara dalam pelaksanaan menggunakan pipa jenis Pipa HDPE yaitu  High Density Polyethylene yang berwarnah kuning,  pipa ini terbuat dari plastik dengan elastisitas tinggi sehingga bisa digulung, serta  Pipa HDPE berasal dari material thermoplastic yang akan mengalami pengurangan kekuatan pada saat ada peningkatan temperatur. Tekanan kerja maksimum untuk pipa HDPE adalah 20oC, diatas 20oC akan mengakibatkan pengurangan tekanan kerja maksimum atau life time. Sistem pipa HDPE tidak dapat  dioperasikan diatas suhu 120oC, serta di Indonesia beberapa produk brand yang menyalurkan pipa HDPE saluran pipa yang bertekanan sudah mengantongi standar Internasional sesuai dengan ISO 9001, 2008. 

Kontraktor yang mengerjakan jaringan gas untuk Kabupaten Wajo di dua lokasi yaitu Kecamatan Tempe dan Kecamatan Tanasitolo tersebut , mempekerjakan rata-rata tenaga kerja dari pulau jawa, dan sesuai hasil penelusuranLn media ini telah menemukan beberapa cara pelaksanaan khususnya dalam hal pemasangan  pipa jaringan dibeberapa tempat yaitu sistim bor horizontal dan adapula dengan  sistim galian memanjang sambil dipasangkan beberapa plat beton yang ukurannya lebih kurang (20 x 40) cm tebal 5 cm dari dua cara ini, umumnya  dibeberapa tempat pekerja  menggunakan cara bor horizontal dalam tanda kutip tidak lagi menggunakan plat beton.

Hingga berita ini naik tayang belum di peroleh  dikonfirmasi dari pihak pelaksana proyek tersebut. (Tim).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment